Angkasa Pura 2

2 Jet Tempur Kawal Pesawat Wings Air Angkut 2 Terpidana Mati Warga Australia

KokpitRabu, 4 Maret 2015
2015-03-04 06.47.48

CILACAP (beritatrans.com) – Dua terpidana mati asal Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, atau dikenal dengan kelompok Bali Nine dipindahkan dari Bali ke Nusakambangan, Jawa Tengah, menggunakan pesawat sewa Wings Air dengan nomor penerbangan ATR-72-600 PK-WGO.

Pengamanan pada Rabu dinihari di Bandar Udara Ngurah Rai, Bali, terlihat ketat. Pemberangkatan terhadap dua terpidana mati itu dilakukan melalui VIP Bandara Ngurah Rai Bali.

Sejak sekitar pukul 04.30 Wita, terlihat persiapan pengamanan di bandara tersebut. Sterilisasi di bandara setempat dilakukan petugas, sebelum kedua terpidana tersebut tiba, untuk selanjutnya diterbangkan ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Pesawat carteran yang membawa keduanya baru saja tiba di Bandara Tunggul Wulung Cilacap.
Pada Rabu (4/3), pukul 08.10 WIB, pesawat tersebut mendarat di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap. Terlihat dua jet tempur yang mengawal pesawat tersebut.

Saat pesawat carteran mendarat, dua jet tempur yang mengawal berputar-putar di langit Cilacap. Pesawat milik TNI AU ini tak lantas beranjak pergi meski tugas pengawalan sudah usai.

Sedangkan pengamanan di Bandara Tunggul Wulung itu sendiri sejak pagi sudah diperketat. Begitu juga dengan dermaga Wijayapura yang menjadi akses menuju Pulau Nusakambangan.

Dari pantauan di Dermaga Wijayapura, Rabu, (4/3) satu truk Dalmas Polres Cilacap yang mengangkut sekitar satu peleton personel TNI dan Polri bersenjata laras panjang tiba di Dermaga Wijayapura penyeberangan menuju Pulau Nusakambangan.

Personel TNI-Polri yang tiba tersebut langsung disebar ke beberapa titik untuk melakukan pengamanan di sekitar Dermaga Wijayapura hingga radius 100 meter. (husfani).