Angkasa Pura 2

Bandara Bawean Mulai Dioperasikan Sebelum Angkutan Lebaran Tahun Ini

BandaraRabu, 4 Maret 2015
bandara-udara-sumararong

SURABAYA (beritatrans.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menargetkan operasional Bandara Bawean, Gresik, sebelum Lebaran Idul Fitri 2015. Sebab, arus mudik dan balik lebaran di Pulau Bawean terbilang padat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan, Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi. Menurutnya, arus mudik ke Bawean akan mengalami lonjakan pada hari-hari libur seperti hari lebaran.

“Bisa dibayangkan bagaimana kepadatan warga Bawean yang hendak pulang ke kampung halaman. Sebelum Lebaran diupayakan harus difungsikan,” jelasnya seperti dikutip metrotv, kemarin.

Terlebih lagi, lanjut dia, tidak sedikit masyarakat setempat yang bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Misalnya di Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan sejumlah negara lainnya.

“Maka itu, sebelum lebaran tahun ini operasional bandara bisa difungsikan,” terangnya.

Terkait pesawat yang digunakan, Wahid Wahyudi menegaskan bahwa pesawat jenis Grand Caravan milik Maskapai Susi Air. Kapasitas pesawat yaitu 12 penumpang. Rutenya yaitu Bandara Juanda Sidoarjo-Bawean. Selama sepekan, penerbangan dari Surabaya ke Bawean pulang dan pergi dilakukan dua kali dengan tarif Rp 200 ribu sekali terbang.

Pesawat jenis sama yang digunakan sebagai penghubung Surabaya-Sumenep maupun Surabaya-Karimun Jawa-Semarang serta sebaliknya.

Wahid optimistis penerbangan itu mendapat minat positif. Sebab moda transportasi kapal yang menjadi andalan warga Bawean kerap kali mengalami kendala karena gelombang tinggi. (ani).

loading...