Angkasa Pura 2

Pelabuhan Kedindi Jadi Persinggahan Tetap Kapal Pelni

DermagaRabu, 4 Maret 2015
98169858

RUTENG (beritatrans.com) – Pelabuhan Kedindi di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, akan disinggahi kapal multifungsi milik PT Pelni yang mampu mengangkut 1.000 penumpang dan 100 unit kontainer.

Kapal yang direncanakan melayani rute Surabaya-Reo, menurut Kepala Syahbandar Kedindi, John Ola, merupakan tanggapan pemerintah pusat terhadap program tol laut.

“Sudah lama warga Manggarai merindukan adanya kapal angkutan penumpang. Akhirnya baru bisa terjawab dalam masa pemerintahan Joko Widodo,” kata John seperti dikutip Pos Kupang, kemarin.

Dibukanya rute pelayaran ini, diharapkan John, mobilitas penumpang untuk bepergian lebih nyaman dan lancar. Selain itu juga harga berbagai bahan kebutuhan dapat ditekan lebih murah.

Dijelaskannya, tim teknis dari PT Pelni Pusat, perwakilan PT Pelni Ende, Direktorat Pelabuhan, Direktorat Navigasi serta Direktorat Angkutan Laut dan Lalu Lintas, sudah mensurvei Pelabuhan Kedindi.

Selain Pelabuhan Kedindi, John menambahkan, pelabuhan lain yang juga sudah disurvei tim teknis untuk disinggahi kapal multifungsi, yakni Pelabuhan Lewoleba, Maumere, Sabu, Rote dan Waingapu.

“Kita harapkan tidak terjadi perubahan jadwal pelayaran bulan April 2015. Kunjungan kapal penumpang dan telah beroperasinya kapal kontainer selama ini, kita harapkan juga fasilitas darat pelabuhan dibangun baru dan direhabilitasi,” ungkap John.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Manggarai, Apri Laturake, S.H, mengatakan, berulangkali Bupati dan Wabup Manggarai menyurati Kementerian Perhubungan dan PT Pelni membuka rute pelayaran kapal penumpang ke Pelabuhan Kedindi.

“Terjawab dengan program tol laut ini. Biaya tinggi transportasi penumpang dan logistik akan ditekan. Transportasi laut memudahkan masyarakat bepergian dengan ongkos murah memasarkan komoditas usahanya,” kata Apri, Selasa (3/3/2015).

Menurut Apri, kunjungan kapal penumpang ini bisa memotivasi masyarakat meningkatkan penanaman hortikultura yang bernilai ekonomis tinggi. Tidak menutup peluang, produksi hortikultura dipasarkan ke luar Manggarai memanfaatkan kapal multifungsi ini. (husfani).