Angkasa Pura 2

KA Bandara Halim ke Soekarno – Hatta Berbiaya Rp24 Triliun Dibangun Tahun Ini

Bandara EmplasemenSabtu, 7 Maret 2015
Kereta-api-tingkat--nyaman-untuk-perjalanan-ke-bandara-jpg_063945

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah memastikan pembangunan kereta ekspres yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Bandara Halim Perdanakusuma bisa dimulai tahun ini.

“Bisa start tahun ini, untuk menggabungkan Soekarno Hatta ke tengah kota, lalu tengah kota ke Halim,” tutur Menko Maritim, Indroyono Soesilo usai rapat koordinasi mengenai percepatan penyediaan infrastruktur prioritas di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, kemarin.

Indroyono mengatakan mengenai pembiayaannya akan digunakan skema kerja sama pemerintah swasta (KPS) dimana porsi swasta nantinya diharapkam sebesar 49 persen, dan sisanya oleh pemerintah.

“Kalau diberikan pada swasta seluruhnya nanti kita tidak bisa mengontrolnya. Makanya lewat KPS,” kata dia.

Total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan kereta cepat ini, lanjutnya diperkirakan mencapai Rp24 triliun. Lebih lanjut dia mengatakan pemerintah akan meminta kejelasan dari investor yang tertarik.

“Saat ini sudah ada investor yang tertarik. Ini kan sudah dicoba (ditawarkan) tahun lalu. Nanti kami pancing lagi,” cetusnya.

Sebagai informasi, Menteri Perhubungan periode sebelumnya, yakni EE Mangindaan pernah menyebutkan, pembangunan KA Bandara Soekarno Hatta-Halim dimulai 2015. Sebelumnya, investasi yang diperlukan untuk proyek tersebut sekitar Rp19 triliun.

Selain itu, pembangunannya diprediksi akan memakan waktu tiga tahun. Sehingga, KA Bandara Soekarno Hatta-Halim baru bisa beroperasi 2018 mendatang. (anky).

loading...