Angkasa Pura 2

13 Bandara akan Dilengkapi Pelayanan Kereta Api

Bandara EmplasemenSenin, 9 Maret 2015
KA

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga 2019 menargetkan pembangunan kereta api di 13 bandara di Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perekeratapian Hermanto Dwiatmoko mengatakan, pembangunan 13 kereta bandara juga sesuai dengan road mad pembangunan kereta api di luar Jawa.

“Kereta untuk 13 bandara lain itu sesuai program peta,” kata Hermanto di Kantornya, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Hermanto menuturkan, realisasi pembangunan kereta bandara sampai 2014 baru terealisasi dua kereta bandara, yakni di Bandara Kualanamu, Medan, dan Bandara Adi Sudjipto, Yogyakarta.

“Nanti Jakarta, lalu Padang, lalu Yogya baru, Juanda, kemudian konsep kita yang sudah diinstruksikan, kalau bangun pelabuhan juga harus ada jalur keretanya,” tambahnya.

Tidak hanya itu, sambung Hermanto, pembangunan kereta bandara juga akan diusulkan pada Bandara Kertajati, di mana jalur kereta akan diusulkan dari Stasiun Bandung.

“Kertajati juga nanti kita akan bicara dengan pemda untuk membangun dari Bandung ke sana, karena supaya cepet dari Bandung,” tukasnya.

Dapat diketahui, dari rencana atau target 2015 sampai 2019 mengenai pembangunan 13 kereta bandara. Untuk wilayah Sumatera terdapat di Bandara Kualanamu Medan, Bandara Internasional Minangkabau Padang, Bandara Hang Nadim Batam, dan Bandata Sultan Mahmud Badaruddin II.

Sedangkan untuk wilayah Sulawesi, kereta bandara akan dibangun di Bandara Sultan Hasanuddin, untuk wilayah Kalimantan akan dibangun di Bandara Syamsuddin Noor. (aliy).

loading...