Angkasa Pura 2

Sidak ke STIP

Jonan: Kebersihan dan Ketertiban di Kampus ini Perlu Ditingkatkan.

SDMSelasa, 10 Maret 2015
IMG_20150309_155027_edit_edit_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kunjungan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan ke Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta berjalan lancar. Mesi agak molor dari rencana semula sekitar jam 13.00, tapi mantan Dirut KAI itu tetap sampai juga di kampus calon pelaut di kawasan Marunda, Jakarta Utara tersebut.

“Secara umum, Kampus STIP Bagus. Fasilitas boleh, meski harus terus ditingkatkan sesuai dinamika dan kebutuhan dunia pendidikan,” cetus Jonan saat diminta komentarnya oleh beritatrans.com di sela-sela kunjungan di STIP Jakarta, Senin (9/3/2015).

Kendati begitu, Jonan meminta kebersihan dan ketertiban di Kampus STIP perlu ditingkatkan lagi. “Kritik saya, kebersihan dan ketertiban di kampus ini perlu ditingkatkan. Secara umum saya melihat kebersihan masih kuran optimal,” papar dia.

Untuk mendidik dan menghasilkan calon pelaut andal, menurut Jonan, maka kurikulum pendidikan dan latihan juga harus terus diĀ­-up date. Kebutuhan dunia usaha khususnya perusahaan pelayaran juga terus naik dan komplek. “STIP sebagai kampus yang menghasilkan calon-calon pelaut harus mampu mengantsipasi itu,” pinta Jonan.

Pendidikan disiplin dan kesamaptaan di kalangan taruna STIP juga harus ditingkatkan. Bagi pelaut, pendidikan mengenai disiplin tak bisa dtawar-tawar lagi. “Pelaut itu bekerja dengan profesionalisme tinggi serta disiplin ketat. Medan tugas dan pekerjaan pelaut membutuhkan semua itu. Mereka juga akan bekerja dengan resiko yang tinggi pula,” terang Jonan.

Sementara, Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo dan Ketua STIP Capt.Arifin Soenardjo yang menyertai kunjungan Menhub Ignasius Jonan berkeliling ke sejumlah fasilitas pendidikan di STIP menerangkan, untuk mendidik dan membina taruna STIP, pihak STIP bekerja sama dengan TNI AL serta Brimob Mabes Polri.

“Mereka setia hari terlibat aktif sebagai pelatih dan instruktur di STIP Jakarta. Mereka mempuyai peran dan fungsi masing-masing di Kampus STIP. Alhamdulillah, selama ini semua berjalan baik,” sebut Arifin.(helmi/awe)