Angkasa Pura 2

Kemenhub Bubarkan Koordinator Slot Penerbangan Indonesia 28 Maret

BandaraSelasa, 10 Maret 2015
IMG_00001362_edit_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membubarkan Koordinator Slot Indonesia atau Indonesia Slote Coordinator (IDSC) pada 28 Maret 2015 mendatang. Posisinya akan digantikan oleh Indonesia Airport Slot Management (IASM).

“IDSC masih akan tetap bekerja mengatur selot di delapan bandara utama hingga akhir April nanti,” kata
Kasubdit Angkutan Udara Niaga Berjadwal Direktorat Angkutan Udara Kemenhub Anung Bayumurti di sela-sela sosialisasi Permenhub di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Menurut Anung, Direktorat Angkutan Udara akan menjadi koordinator selot yang baru dengan anggota berasal dari Airnav, PT Angkasa Pura II, dan PT Angkasa Pura 1. Sedangkan pihak Airline tidak akan ada lagi perwakilannya di manajemen selot yang baru tersebut.

Anung menjelaskan, perubahan pengatur selot penerbangan tersebut agar tercipta efisiensi kinerja dalam pengaturan jadwal penerbangan.

“Nantinya izin selot penerbangan domestik berlaku selama satutahun. Tidak lagi berdasarkan summer dan winter seperti selama ini,” ujarnya.

Meskipun demikian, lanjut Anung, untuk penerbangan internasional tetap berdasarkan pada peraturan Asosiasi Transportasi Udara Internasional atau IATA yaitu menggunakan periode summer dan winter.

Dengan melikuidasi IDSC tersebut, nantinya izin rute dan izin selot ada di Kementerian Perhubungan. Tidak seperti sebelumnya yaitu izin rute di Kementerian Perhubungan sedangkan izin selot penerbangannya ke IDSC. (aliy)

loading...