Angkasa Pura 2

BPSDM Perhubungan Buka Sipencatar Mulai 30 Maret 2015

SDMRabu, 11 Maret 2015
taruna siaga

JAKARTA (beritatrans.com) Badan Pengembangan SDM Perhubungan resmi mengumumkan pembukaan seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) tahun ajaran 2015. Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo melalui surat pengumuman No.008/14/BPSDMP-2015, menyebutkan penerimaan sipencatar dimulai dari 30 Maret 2015 sampai 1 Juni 2015.

“Penerimaan calon taruna baru tahan 2015 akan dibuka di 18 kampus BPSDM Perhubungan di Tanah Air. Selain itu juga sembilan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) yang ditunjuk berbagai daerah di Indonesia,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo di Jakarta, Rabu (11/3/2015).

“Sedang test potensi akandemik (TPA) akan dilakukan serentak tanggal 16 Juni 2015. Lokasi test tertulis akan dilakukan di kampus atau Dishub tempat penerimaan sipencatar,” tambah Tommy.

Kampus tempat pendaftaran sipencatar 2015 adalah STTD Bekasi, STIP Jakarta, STPI Curug, BP2TD Palembang, BP2TD Bali, PKTJ Tegal, API Madiun, PIP Semarang, PIP Makassar dan Poltekpel Surabaya.

Selanjutnya ATKP Medan, ATKP Surbaya, ATKP Makassar, BPPP Jayapura, BPPP Palembang, BP2IP Sorong, dan LP3 Banyuwangi.

Pendafataran sipencatar bisa dilakukan di Dishub yang ditunjuk dan tidak ada kampusnya, yaitu Dishub Sumatera Barat di Padang, Dishub Jambi, Dishub Kalimantan Tengah, Dishub Kalimantan Timur, Dishub Kalimantan Timur, Dishubkominfo Nusa Tenggara Timur (NTT), Dishub Nusa Tenggara Barat (NTB), Dishub Maluku dan Dishubkominfo Sulawesi Tenggara.

Sebanyak 24 unit pelaksana teknis (UPT) pendidikan dibawah BPSDM Perhubungan menerima taruna baru. Dari jumlah itu, tercatat ada 39 program studi (prodi) dibuka dan menerima pemuda dan pemudi Indonesia ulusan SMA/MA atau SMK untuk ikut seleksi menjadi taruna atau taruni transportasi di Tanah Air.

Kolone STIP

Data yang diterima beritatrans.com, dari Humas BPSDM Perhubungan menyebutkan, untuk moda transportasi darat dan kereta api (KA) dibuka 12 prodi. Mereka akan diterima di berbagai kampus, seperti Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, Pendidikan Transportasi dan keselamatan Jalan (PKTJ) Tegal, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) masing-masing di Palembang dan Bali.

Selain itu juga ada empat prodi yang akan dibuka di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun Jawa Timur. Tahun 2015 API baru memasuki tahun kedua, dengan membuka empat prodi setingkat D-III.

Untuk moda transportasi laut akan membuka enam prodi, yaitu Nautika, Teknika dan Tata Laksana atau KALK. Sedang kampus yang akan merima taruna tahun 2015 untuk moda transportasi lain adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan PIP Makassar serta Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Jawa Timur.

Untuk moda transportasi udara akan membuka 21 prodi. Adapun kampus yang akan menerima taruna adalah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Banten. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya, ATKP Makassar, Sulawesi Selatan dan ATKP Medan Sumatera Utara.

Khusus untuk taruna penerbangan, tahun 2015 yang akan menerima taruna baru hanya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Penerbngan (LP3) Banyuwangi atau sering disebut Loka Banyuwangi.

Sekolah pilot di Banyuwangi ini sudah mewisuda pilot angkatan pertama tahun akhir 2014 lalu. Sesuai rencana, tahun 2015 ini pada Mei dan November mendatang akan kembali mewisuda lulusan pilot angkatan kedua dan ketiga.(helmi)

  • rahmat

    Taruna yg lulusan SMK PERIKANAN JURUSAN NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN tidak tidak bisa masuk ke jurusan NAUTIKA KAPAL NIAGA D3 alasannya apa yaa ?