Angkasa Pura 2

Ini Dia Gaji Pilot dan Nakhoda

SDMJumat, 13 Maret 2015
Fatma - deborah_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Profesi pilot dan nakhoda memang sangat menjanjikan. Selain bergengsi juga kesejahteraan melebihi profesi lainnya.

Demikian terungkap dalam talk show Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo di sebuah stasiun televisi nasional, Jumat (13/3/2015).

Dalam kesempatan itu, Tommy, sapaan akrab Kepala BPSDM P, ditemani dua taruna masing-masing dari Siti Fatmawati dari STIP Jakarta dan Deborah STPI Curug, Tangerang Banten.

Dalam perbincangan tersebut terungkap, bahwa pilot memang profesi yang sangat tinggi nilainya. Hal itu bisa dilihat dari besaran gaji yang mereka terima.

Gaji pilot pemula di Indonesia khusunya Jakarta mencapai Rp20 juta per bulan. Itu pilot di maskapai nasional dan baru memegang lisensi CPL (commercial pilot lisence).

Sementara, untuk gaji pelaut juga tak kalah hebatnya. Baru magang naik kapal atau prala, mereka sudah menerima bayaran US$500 per bulan. Jumlah itu setara dengan Rp6,5 juta dengan kurs Rp13.000 per Dolar AS.

Sementara, gaji pelaut untuk tahap awal gajinya sesuai standard International Maritime Organization (IMO) antara US$1.800 sampai US$2.500 per bulan atau setara dengan Rp32,5 juta dengan kurs Rp13.000 per Dolar AS. Jika sudah master atau nakhoda bisa mencapai minimal US$15.000 per bulan bahkan lebih besar lagi.

Untuk daerah tertentu, seperti Timur Tengah misalnya, gaji nakhoda dibayar US$500 per jam. Jadi, tinggal hitung saja, berapa jam mereka bekerja dalam sebulan.

“Kebutuhan akan pilot dan pelaut di Indonesia masih tinggi. Menjelang tahun ajaran baru 2015, BPSDM Perhubungan kembali membuka seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) 2015,” kata Tommy.

taruna siaga

Sipencatar, kata dia, resmi dibuka mulai 30 Maret sampai 1 Juni 2015. Sedang tes tertulis yang meliputi tes potensi akademik (TPA) akan dilakukan serentak tanggal 16 Juni 2015,” jelas Tommy.

Pada tahun 2015, menurut dia, BPSDM Perhubungan akan menerima banyak taruna pelaut. Sementara, untuk taruna penerbang tahun ini hanya dibuka di Loka Banyuwangi, Jawa Timur.

“Sekolah seperti STPI atau ATKP tahun ini tidak menerima siswa penerbang. Fokus kita bagaimana menyelesaikan siswa yang ada sampai lulus. Minimal harus mengantongi 180 jam terbang untuk dapat sertifikat CPL. Sementara, jumlah pesawat latih termasuk di STPI terbatas dan taruna harus antre untuk latihan terbang,” tegas Tommy.(helmi)

  • herman

    Sayangnya untuk profesi pelaut jalur umum semakin dipersulit dan ditindas.. buktinya setelah updating mengikuti amandemen manila 2010 semua Ant IV tidak lagi mendapat kan endorsment master.. dan semua jalur umum akan dibabat habis per 1 januari 2017 dimana Ant IV berubah nama menjadi COC IV dan lucunya Endorsment master tidam lagi melekat pada COC IV nantinya… mirisnya negeri kita… yg miskin tidak boleh sukses yg kaya pupuk terus kekayaannya… yg tidak logis buat saya mengapa justru setelah updating bukan meningkat sertifikat kita malah mundur kebelakang.. lucu.. lucu..

    • Ruslan Kusuma Halim

      Makanya pelaut dalam negri coba sekali kali serentak mogok nasional …
      Pasti gaji nanti nya di naik kan
      Tetapi harus kompak dan bersatu

      • Komang Hadi

        Lelah hati lelah pikiran…omdo. …wong yang dilihay gaji yg gede…surveynya dimana itu ya

    • muhammad risal

      Makanya bray pindah negara aja kalau negara kita udah tdk peduli sama pelaut seperti kita

  • hanes sianturi

    Pelaut…pelaut….bohong klu ada yg bilang gaji pelaut besar di indonesia…uang makan aja buat tahu tempe..bapak pejabat…boleh di survey di lapangan…gaji jurumudi di kapal lokal lebih kecil dari gaji tukang sapu di DKI…padahal anda tahu,persyaratan untuk juru mudi tidak cukup hanya modal ktp…kapan pelaut bekerja di kapal lokal di perhatikan pemerintah? kita tunggu….

  • Gunawan

    Sepertinya perlu d klarifikasi ulang ni berita. Indonesia ikut amandemen manila ?? Syarat-syaratnya aja yg d amandemen,,kesejahteraannya ga ikut di amandemen. Tengok gaji pelaut pemula,,msh di bawah rata2 di banding resiko dan tanggung jawab yg d emban

  • arif rahman

    Standard IMO ….hhhhmmm? Pemerintah sudah menetapkan belum ya UMR untuk pelaut..? Coba lah tengok lebih dalam lagi berapa gaji pelaut indonesia ..coba deh lakukan survey ..berapa sesungguhnya gaji pelaut domestik..

    • syahrir tahir

      700ribu~1,2 juta unutk tingkat ABK

  • putra

    Emang pelaut terbaik brooo… g salah

  • yudih

    Jangan hanya ngomong ttg gaji pelaut yg diluar negri yg standar IMO, coba cek aja gaji pelaut didalam negeri jangankan taruna prala, ijasa ANT III aja didalam negeri ada yg cmn dikasi 5 jutaan sedangakan IMO menuntut persyaratan ISM Code yg setumpuk.
    Indonesia bicara aturan ISM Code sesuai IMO paling jago tapi bicara Gaji pelaut Company lebih kuat dari aturan IMO!!!

  • adhie poetra sihite

    Tai kucing ini berita
    Liat dlu sebenarnya di lapangan bagaimana kesejahtaraan gaji pelaut…..sangat tragis

  • Kwardanu Septiaji

    wkwkwkwkwkwk makasih nih yang atas ane pada komen .. udah di wakili ^^

  • anda yang km

    Us$500…. per jam… wkkwkwk… terkadang di situ lah sy ingin ketawa terbahak2”’ tp untuk menjaga gengsi pelaut… tak apalah…

    • syahrir tahir

      per-Day kalee Bung….

      • saef

        US$500??? Orang AB dikapal korea aja perbulan cuma US$300/bln..

    • Iwan Diah

      Gaji perday itu..klo gak percaya buka seajob vacancy.gw skr di timur tengah.Oman LNG

  • Donnyyodi

    yaalaahhh, miris baca comen” plautt :”

  • Eva Salatin

    Gk salahh pilih popeye :* wkwkwkwk..

  • Ubay ‘Aryah’ Ariza

    Alah cuman omong doang .ih pemerintah buktikan kalo benar itu omongan. Kami taruna dari akademi maritim swasta hingga sekarang saja di persulit untuk mengikuti ujian profesi pelaut baik Pra prala maupun Pasca Prala terutama yang dari smk pelayaran dan smk. Perikanan pelayaran. Kami menunggu rekomendasi dari dirjen perlu saja mulai dari tahun 2012 sampai skrg gk keluar2. Jadi cuman modal omongan makelar tanah aja bisa pak.

    • muhammad risal

      HAHAHAHAHAHAHA……Tdk ada pelaut yang berlayar di API (Area pelayaran indonesia)yang gajinya segitu .hau hau juga beritanya itu tinggi sudah itu kalau ABK gajinya 1,9jth

    • Iant Gustiant

      makanya skil ditingkatkan bung,, bokap gue gaji sekitar 100jt perbulan,, sumpah…jabatan kapten MASter marine ,, sertifikat ANT 1

      • Deka Arwin

        Iant: biasa aje bro, ini bukan masalah skill. Ini masalah rekomendasi, skill dibuktikan dilapangan.
        Lu kalau mau sombong jangan bisa nyombongin bapak lu doang. Usaha sendiri baru sombong, bapak lu juga walaupun master dulu dia juga sama kaya taruna biasa, cuma waktu yg bisa menjawab. Inget, jangan sombong kalau bukan usaha sendiri bro

      • Riezky Febrian

        Jangan terlalu sombong sama sertifikasi yang bokap lu punya bang. Kita semua harusnya prihatin sama pemerintah yang ga bertanggung jawab.

    • tora sudiro

      Makanya jangan masuk akademi swasta , bisa mudah lulusnya :)

  • Seaman

    OM-DOOOOOOO aj.. Tai tu klo gji plaut sgtu aplgi klo prala..jngankn prala AB/jrumudi aj gajinya jauh dri langit.. Banyak prushaan d indo mntanya srtifikat inilah itulah.. Tpi gji d prushaannya bkan mensejahtrakan crewnya tpi mnyiksanya untuk mencari sesuap nasi..

  • Ru-ru Jolly Roger

    Menggiurkan tpi itu setandar gaji di luar. Untuk gaji pelaut dalam negri alamak rendah sekali.pas pasan cuma cukup buat kebutuhan makan sehari2 itu juga masih kurang.untuk buat biaya hidup .tolong di benahi untuk gaji pelaut dalam negri.jngan membangga2kan standar gaji luar.sedangkan gaji pelaut di negara sendiri tradis.

  • dikha.s.pratama@gmail.com

    Klo gaji pelaut segitu…bnyak perusahaan pelayaran indonesia yang gulung tikar…parlente aja ini yang bikin berita…tapii saya amiennin smga jadi kenyataan…

  • Aldy

    Tekat , dan tanggung jawab :)

  • Abel Panjaitan

    walaupun gaji pelaut menggiurkan,sesuai dengan kerjaannya……..?

    • Fara

      Tentu saja sesuai.
      Kenapa gaji pelaut dan pilot itu sangat tinggi.
      Karna pekerjaanya juga sangat sulit.
      Pilot bekerja di pesawat dan taruhannya pun nyawa, di tambah lagi dia membawa penumpang, sedangkan cuaca tidak bisa di tebak. Sama halnya dengan pelaut, siapa yg bisa menjamin keselamatan awak kapal jika terjadi sesuatu di tengah laut?

  • kistiyanto

    Pelaut lokal..makan nya cm tahu tempe..mending alih profesi jd PELAWAK aza..xixixixi..PELAWAK FOREIGN GOING..

  • Ferdinand Gambeh

    kalo perusahan2 yg berstadart IMO banyak kok di Indonesia salah satu contoh coba aja ke BSM itu nahkoda kls 1 gajinya skitar 15rb USD (LNG)

    • budi setiawan

      Tpi masuk d prusahaan sperti BSM, bogasari, BLT yg berleber prusahaan bonafid itu susah. Stidaknya harus ad yg kenal d perusahhan trsebut, it pn kmungkinan gx gratis.

    • Abdul Aziz Yamin

      saya kok ABK ke taiwan baru 300 USD ya? tahun ini loh

  • Ferdinand Gambeh

    jangan ambil stadart PELNI yah wkwkwkw

  • Iant Gustiant

    gaji bokap gw, kisaran 10rb US , berkisar 100jt an ..,,
    posisi kapten , Master marine , sertifikat ANT 1 ..
    makanya kerja diluar , jangan diindonesia ,,

    • Ferry

      Maaf lo ikut aja ama ketiak orang tuamu kalo ada makanan lo tinggal makan aja dan kalo ada perang lo tinggal lari kalo gak tau apa” masalah pelaut gak usah coment atau lo gak diajarin tata krama ama bokap lo yang hebat itu sayang sungguh disayang percuma orang tua sukses tapi anak gak punya moral shit

      • alif

        Ngomongnya enak tenan..itu bapak kamu yg nyari duit, km cuman habisin duit..coba kalau kamu yg jadi pelaut..jgn cuma banggain harta orang tua..

  • girsang

    Berita bohong berlayar di areal indonesia mana bisa dapat segitu, kalau persiaratan mau bekerja iya banyak.
    Belum Ada gaji pelaut orang indonesia di luar negeri usd $ 500/jam.
    Berita abal abal siapa ini penulisnya tolong di survey Yang benar..
    Saran saya kepada penulis lebih baik beritakan pelaut sekarang banyak yang sedang menganggur..
    Dan terutama pelaut dindonesia Yang berlayar di areal indonesia tidak memiliki standar gaji yang sesuai dengan resiko yang dikerjakan..
    KAMI INI IBARAT BEKERJA DI ATAS LUBANG KUBURAN YANG DALAM…
    SILAP SILAP LANGSUNG TERKUBUR DI TEMPAT…….
    Tolong perhatikan itu…. pembuat Berita…

    • Fara

      Maaf itu bukan berita bohong. Itu berita yang sangat real menurut saya. Suami saya pelayaran, lulusan STIP Marunda Jakarta, dulu saat jabatannya masih 4th engineer gaji suami saya USD 2785.

      • Reynald Al-Alyyubi

        Berita itu kurang benar , sy nahkoda di kapal offshore timur tengah N gaji disini paling tinggi usd 1000/day . Mgkn penulis salah ketik , bkn /jam tp /hr..
        Trims

  • M Sohar

    Jgn cerita yg ijasah besar aja yg gaji puluhan jt lihat lah saudara kita yg pas” an tak bs ke Akademi hj neraka berapa di negara sendiri

  • M Sohar

    Ya standar IMO tp lihat lah pelaut indonesia di negara sendiri gaji pas”an 2 jt / bln semuanya di situ , utk bpk ” kt yg di atas sana perhatikan lah umr utk pelaut lokal

  • M Sohar

    Di indonesia yg penting ijasah aja gede ” skil n pengalaman 0 0( 0) nol besar dapat gaji besar pulah apa tu

  • syafril

    Orang belum standart IMO kok d indo,,,
    Banyak peruaahaan pelayaran yg malah standart umr darat…
    Amandemen baru terus tp ksejahteraan pelaut g d perhatikan

  • EL Capitano

    Menurut saya :
    Salah tulis tuh gaji 500 usd/ jam, yg benar tuh gaji 500 usd/ hari.
    Utk sekarang ini gaji itu bisa berkisar antara 700 sampai 1000 usd/hari dan bisa lebih.
    Itu umumnya utk kapten kapal yg bekerja di daerah operasi offshore atau oilfield (pengeboran minyak lepas pantai) diluar negri.itupun dgn tingkat ijazah ANT 1 (Ahli Nautika Tingkat 1 ) dan lengkap dgn sertifikat profesiensi (BST,SCRB,AFF,MFA,MC,RADAR,ARPA,SSO,ISM CODE,GOC,BRM,ECDIS,dsb), serta sertifikat pendukung utk offshore (DP UNLIMITED,BOSIET,HUET,H2S,dsb),ditambah pengalaman minimal 2 tahun utk jabatan dan jenis operasi yg sama.

    Begitulah yg sya ketahui,kebetulan sya dibidang yg sama.

    Thanks & regards,
    EL CAPITANO.

  • agus kurniawan

    Kami semua dari keluarga pelaut berharap akan adanya penerapan UMP ( upah minimum pelaut) sesuai perubahan amandemen stcw 2010 standar (IMO), karena kami telah merasa di rugikan dengan ada perubahan COC dan COP, banyak biaya pendidikan yang kami keluarkan karena adanya perubahan dari pemhub tidak sebanding dengan gaji yang kami dapatkan selama kami berlayar sekarang ini masih bnyak perusahan pelayaran yang memberikan gaji kepada pelaut pemula min. Rp 900 rb max rp 2 jt, Tolong untuk pemerintah untuk menindak lanjuti penetapan UMP. Terima kasih.

  • Iwan Al Urora

    yg di ceritakan,hanya gaji di luar negri,,apakah pelaut di didik untuk cuma jadi TKI,? jadi babu bangsa luar..?
    kalau memang demikian,pemerintah harus konfirmasikan ke publik agar para pelaut indonesia tidak menuntut upah standar domestik yg gx jelas aturan nya..

  • Pologe

    Coba tanya,, berapa gaji ABK di Tug boat,, masih ada nahkoda yng gaji 3 jt dan AB gaji 1 juta.. Miris…

  • Pologe

    Entah kapan MLC 2006 di ratifikasi..

  • muhamad asmetd

    kalo kapal tugboat 50 GT, harus bayar ABK 5 jt, dan perwira 10 jt, abis doang uang carternya, hahhahaa, nih kapal Tugboat 30 – 75 Gt dengan mesin 450 pk x 2, sewanya di indonesia hanya 125 – 175, tergantung centimen ekonomi global,
    itung2ngan yuk
    misalnya
    ABK 4 x 5.000.000 : 20.000.000
    perwira 4 x 10.000.000 : 40.000.000
    total 60 x 13 bulan : 780.000
    dalam setahun tugboat kerja 6 bulan itu udah bagus, kalo ada yg sewa.
    6 x 150 jt : 900 jt,
    900 jt pendapatan – 780 gaji sisa 120 juta, buat perpanjang surat2 kapal ga cukup bro. belum biaya dok.
    jadi klo ijazanya masih cetek dan ikut tugboat kecil jangan berhayal ketinggian lah, nyadar ajah dulu.
    kalo gaji ABK DAN PERWIRA jd separuhnya mungkin perusahaan masih dapet.
    jd klo perwira 4-5 jt dan abk 2-3 Itu disyukuri ajah mas bro. itu udah bagi hasil separuh2 sama perusahaan

  • Pingback: Dahsyat. Berita Gaji Pilot dan Nakhoda Di-Share Di Facebook 52.800 Kali & Picu Perdebatan Panjang - Berita Trans()

  • ones

    Media,..coba tolong kasi informasi jangan hanya mendengar dari sudut pandang orang yg berkepentingan saja,loe coba liat d lapangan.buka mata loe lebar2 buka telinga loe besar2..jangan cuma pejabat yg loe kerubutin ama pertanyaan liat d pelabuhan Sono,…tanya sama pelautny baru loe catat….

  • iqbal

    ha nya di liar negri aja!! di indonesia nya kapan???

  • muhid

    muhid