Angkasa Pura 2

Awasi Penyerahan 10% Saham Blok Mahakam ke Pemda

EnergiSelasa, 17 Maret 2015
Blok-Mahakam

JAKARTA (beritatrans.com) – Eksponen masyarakat sipil yang tergabung dalam Petisi Blok Mahakam untuk Rakyat menuntut Pemerintahan Jokowi-JK bersikap tegas dan segera memutuskan status Blok Mahakam. Blok Migas di lepas pantai Kalimantan Timur harus tetap diproduksikan untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Kita menuntut pemerintah segera menerbitkan surat keputusan penyerahan 100% saham Blok Mahakam kepada Pertamina tanpa kewajiban mengikutsertakan Total dan Inpex,” kata Koordinator Petisi Mahakam untuk Rakyat, IRESS, Marwan Batubara, di Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Selanjutnya, kata dia, Pemerintah untuk berperan aktif mengendalikan dan menjamin penyerahan 10% saham Pertamina di Blok Mahakam kepada Pemrov Kaltim dan Pemkab Kutai Kartanegara.

“Partisipasi kedua Pemda memiliki saham Blok Mahakam bersama Pertamina harus diwujudkan dalam sebuah konsorsium yang tidak melibatkan perusahaan swasta,” tandas Marwan.

Bukan hanya itu, papar Marwan, pihaknya juga meminta pada Total, Inpex dan para antek pendukungnya, termasuk para oknum begal di seputar istana untuk tidak berulah dan melakukan intervensi pada pengambil kebijakan di Negera ini.

“Mereka harus menghentikan segenap upaya mempengaruhi pemerintah dalam memutuskan penyerahan 100% Blok Mahakam kepada Pertamina,” jelas Marwan.

Petisi, menurut dia juga meminta pemerintah menertibkan dan “mengamankan” para oknum pejabat yang melakukan “akrobat pernyataan”, mencari-cari alasan dan menggiring opini publik untuk masih memberi kesempatan kepada asing memiliki saham Blok Mahakam. (helmi)

loading...