Angkasa Pura 2

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Cepat dan Mudah

Aksi Polisi KoridorJumat, 20 Maret 2015
IMG_20150320_105034_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kesadaran Masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) baik kendaraan roda dua atau roda tiga cukup tinggi. Prosesnya cepat dan mudah, warga masyarakat sebagai wajib pajak cukup mengurus PKB sendiri tanpa melalui jasa calo.

Papan petunjuk dan loket yang harus dilalui wajib pajak untuk mengurus PKB terpampang dengan jelas. Jika ada yang belum jelas, bisa tanya ke petugas Polri atau security yang sedang bertugas. Mereka siap membantu warga masyarakat.

Pantauan beritatrans.com di Kantor Samsat Jakarta Timur, Jumat (20/3/2015) tampak antrean warga masyarakat hendak membayar pewajiban pada negara itu.

Mereka tampak antre di loket pendaftaran begitu juga saat menunggu proses penyelesaian berkas warga masyarakat tetap sabar menunggu.

Fasilitas bangku tertata rapi untuk menunggu giliran dipanggil petugas kelihatan penuh. Padahal, waktu sudah mendekati jam 12.00 WIB. Semua itu menunjukkan kesadaran masyarakat membayar pajak cukup tinggi.

Data yanh dihimpun menyebutkan, kantor Samsat Jakarta Timur buka dari jam 08.00-15 dipotong waktu istirahat. Hari Sabtu tetap buka sampai jam 11.00, kecuali hari libur Nasional.

Ronny, seorang wajib pajak mengaku lebih senang membayar pajak sendiri tanpa melalui calo. “Samsat sekarang sudah relatif bersih dari oknum calo. Sekarang prosesnya mudah, dan cepat. Rasanya tak perlu lewat calo,” sergah dia.

Kendati begitu, menurut Eman, warga Kramatjati yang sedang mengurus perpanjangan STNK, memang masih ada satua dua orang yang menawarkan jasa untuk mengurus perpanjangan STNK-nya.

“Tapi, oknum tersebut tak berani memaksa. Selain itu juga dilakukan secara sembunyi-sembunyi,” papar Eman.

Baik Ronny atau Eman sepakat, sebaiknya wajib pajak mengurus sendiri PKB ke kantor Samsat. “Kantor Samsat sekarang jauh lebih baik dan tertib,” tegas Ronny.(helmi)

loading...