Angkasa Pura 2

Penumpang Kereta Api Jember Meningkat Saat Nyepi

EmplasemenSabtu, 21 Maret 2015
KA Pandanwangi_edit

JEMBER (beritatrans.com) – Jumlah penumpang kereta api di wilayah Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur meningkat cukup tajam saat libur Hari Raya Nyepi.

Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) IX Jember Eko Sri Mulyanto Sabtu (21/3/2015), mengatakan, jumlah penumpang kereta api lokal yang mengalami peningkatan cukup signifikan selama libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur Nyepi.

“KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi untuk keberangkatan hari ini meningkat hingga 200 persen dibandingkan hari normal,” tuturnya.

Pada hari normal, lanjut dia, kereta api lokal kelas ekonomi tersebut biasanya mengangkut penumpang dengan dua rangkaian kereta, namun pada libur Hari Raya Nyepi rangkaian KA Pandanwangi mencapai tujuh kereta.

“Tiket KA Pandanwangi dari Jember menuju Banyuwangi ludes hingga membawa tujuh kereta, sehingga peningkatannya sangat signifikan karena harga tiket juga cukup murah yakni Rp4.000 per orang,” paparnya.

Eko menjelaskan penumpang kereta kelas ekonomi jarak jauh dan menengah seperti KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, dan KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang juga mengalami kenaikan selama libur akhir pekan ini.

“Kenaikan penumpang sejumlah rangkaian kereta api untuk kelas ekonomi jarak jauh dan menengah selama libur Nyepi berkisar 15-20 persen,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Sementara salah seorang penumpang KA Pandanwangi, Nuraini, mengatakan keluarganya memanfaatkan libur Hari Raya Nyepi untuk berkunjung ke rumah temannya di Banyuwangi.

“Kami sudah biasa naik kereta ke Banyuwangi bersama anak-anak hanya untuk menghabiskan waktu liburan karena harga tiket KA Pandanwangi sangat terjangkau,” ucap ibu dua anak itu. (aliy))

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari