Angkasa Pura 2

9 Pulau di Sangihe Diusulkan Dibangun Pelabuhan Penyeberangan

DermagaSenin, 23 Maret 2015
nusa_utara1_20031531

TAHUNA (beritatrans.com) – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan mengusulkan semua pulau yang berpenghuni akan dibangun pelabuhan penyeberangan kapal.

“Untuk tahun ini kami telah mengusulkan semua pulau yang berpenghuni di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan dibangun pelabuhan penyeberangan kapal,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi SJB Makagansa Sip, baru-baru ini.

Dijelaskannya, usulan pembangunan pelabuhan penyeberangan ini sudah masuk dalam rencana induk Dinas Hubkominfo dan akan diusulkan ke pemerintah pusat, sebab sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Usulan pembangunan pelabuhan penyeberangan ini tujuan utamanya memperlancar transportasi dan arus barang menuju wilayah Kepulauan. Sebab salah satu yang membuat masyarakat miskin di wilayah kepulauan, karena tidak lancar arus transportasi barang yang menyebab terjadi kesenjangan harga,” kata Makagansa seperti dirilis manadapost.

Diungkapkannya, tahun 2015 ini akan ada pembangunan pelabuhan penyeberangan kapal feri di Pulau Kawio Kecamatan Marore dan Kawaluso Kecamatan Kendahe. “Pembangunan dua pelabuhan penyeberangan kapal feri tersebut melalui dana APBN,” bebernya.

Usulan pembangunan pelabuhan penyeberangan ini, tambahnya, sinkron dengan pengadaan kapal feri tahun ini. “Jika semua pulau sudah punya pelabuhan penyeberangan, maka akan disinggahi feri,” tambahnya.

Langkah pemerintah mengusulkan pembangunan pelabuhan penyeberangan di semua Kepulauan Sangihe mendapatkan dukungan masyarakat. “Kami mendukung usulan pemerintah daerah ke pusat untuk membangun semua pelabuhan dan dermaga. Itu akan memperlancar arus barang menuju wilayah kepulauan,” tandas Ketua LSM Kadademahe Marslem Pulumbara. (korrie).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari