Angkasa Pura 2

Kemenhub Lakukan Ramp Check Angkutan Umum di 6 Terminal

KoridorSenin, 23 Maret 2015
IMG_00001475_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memulai kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum serentak di 6 terminal di Indonesia pada Senin (23/3/2015).

Keenam terminal yang menjadi sasaran inspeksi keselamatan kendaraan adalah Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), Terminal Tirtonadi (Surakarta), Terminal Purabaya (Surabaya), Terminal Amplas (Medan), Terminal Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Kubu Raya (Pontianak), dan Terminal Daya (Makassar).

“Khusus di Terminal Kampung Rambutan Jakarta, kegiatan inspeksi dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Djoko Sasono saat mendampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Terminal Kampung Rambutan.

Obyek yang diinspeksi adalah sistem penerangan, ban, perlengkapan kendaraan bermotor, fasilitas tanggap darurat, sistem alat kemudi, bagian badan kendaraan dan komponen pendukung, serta pengemudi.

Dari seluruh obyek yang diinspeksi tersebut, ada beberapa persyaratan mutlak yang harus dipenuhi, yaitu lampu utama, penunjuk arah, lampu posisi, lampu rem, penghapus kaca, kondisi ban baik dan kondisi fisik pengemudi yang sehat.

“Jika tidak memenuhi persyaratan mutlak tersebut, maka angkutan umum dan pengemudi tersebut tidak boleh diberangkatkan,” ujarnya.(aliy)