Angkasa Pura 2

Cegah Aksi Bunuh Diri, Mantan Ketua NTSB: Perlu 3 Pilot di Pesawat

KokpitJumat, 27 Maret 2015
wd

JAKARTA (beritatrans.com) – Para pakar keamanan penerbangan dengan temuan sejauh ini oleh penyelidik Perancis bahwa ko-pilot Germanwings, Andreas Lubitz, sengaja menabrakkan pesawat itu, menunjukkan perlunya ada pilot ketiga di dalam kokpit.

James Hall, mantan ketua Badan Keamanan Transportasi Nasional AS (NTSB)n mengatakan tidak ada pilot yang boleh dibiarkan sendirian di dalam kokpit.

Ia mengatakan bahwa semua maskapai memiliki kursi ketiga bagi pilot cadangan. Hall adalah salah seorang penyelidik jatuhnya EgyptAir ke dalam Samudera Atlantik pada athun 1999.

“Pesawat tersebut jatuh tak lama setelah lepas landas. 217 orang di dalam pesawat tewas,” cetusnya seperti dikutipvoaindonesia.

Ewan Wilson, pilot dan penulis buku yang berteori bahwa menghilangnya pesawat MH370 Malaysia merupakan tindakan disengaja, mengatakan beberapa insiden jatuhnya pesawat yang merupakan tindakan pembunuhan-bunuh diri dalam 30 tahun terakhir semuanya dilakukan oleh pilot, saat mereka berada sendirian di dalam kokpit. (ani).