Angkasa Pura 2

Hari Ini Harga Bensin dan Solar Naik Rp 500 Per Liter

EnergiSabtu, 28 Maret 2015
Antrian SPBU

JAKARTA (beritatrans.com) – Terhitung pukul 00.00 WIB Sabtu (28/3/2015) pemerintah menaikkan harga Bensin dan Solar masing-masing Rp 500/liter. Kenaikan harga ini khusus untuk wilayah di luar Pulau Jawa, Madura, dan Bali.

Siaran pers Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dilansir melalui situs resminya menyebutkan, keputusan tersebut sebagai akibat dinamika dan perkembangan harga minyak dunia.

“Meskipun demikian pemerintah tetap memperhatikan kestabilan sosial ekonomi,” kata Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja.

Dengan kenaikan ini maka harga Bensin menjadi Rp 7300/liter dari harga lama sebesar Rp 6800/liter. Sedang harga minyak solar menjadi Rp 6900/liter naik dari harga lama sebesar Rp 6400/liter.

Menurut Wiratmaja, kenaikan ini juga didasari karena selama satu bulan terakhir telah terjadi kenaikan harga minyak dunia. Selain itu, nilai tukar rupiah juga mengalami pelemahan yang cukup tajam atas dolar AS.

“Sesuai Permen ESDM Nomor 4 Tahun 2015, maka kondisi tersebut menjadi alasan untuk menaikan harga jual eceran BBM,” tuturnya.

Meskipun demikian, harga minyak tanah tidak diutak-atik alias tetap sebesar Rp 2500/liter. (aliy)

loading...