Angkasa Pura 2

Sejumlah Nama Beken Diusulkan Duduki Eselon I Kementerian ESDM

SDMSabtu, 28 Maret 2015
Sudirman said1

JAKARTA (beritatrans.com) -Kementerian ESDM mengajukan 15 calon direktur jenderal ke Presiden Joko Widodo. Sejumlah nama bekel masuk daftar yang diusulkan ini, seperti Plt Dirjen Migas IGN Wiratmaja, Dirjen Ketenagalistrikan Jarman, Dirjen EBTE Rida Mulyana. Termasuk Staf Khusus Menteri ESDM yang juga mantan Sesmentri BUMN M.Said Didu.

Siaran pers Kementerian ESDM di Jakarta, Jumat mengatakan, ke-15 calon tersebut telah lolos hingga tahap seleksi terakhir berupa wawancara yang dilaksanakan Panitia Seleksi. Mereka diusulkan Menteri ESDM Sudirman Said untuk dipilih menjadi salah satu pejabat eselon I di Kementerian ESDM RI.

Para calon yang lolos dan diusulkan ke Presdien Jokowi itu adalah I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja (Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM), Montty Girianna (Deputi Energi dan Sumber Daya Mineral Kemenko Perekonomian), dan Muhamad Husen (mantan Pelaksana Tugas Dirut PT Pertamina).

Peserta lainnya adalah Jugi Prajogio (Dirut PT Pertagas Niaga), Jarman (Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM), dan Agoes Triboesono (Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Minerba Kementerian ESDM).

Selanjutnya, Ronggo Kuncahyo (Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Komunikasi dan Sosial Kemasyarakatan), Andhika Prastawa (Kepala Balai Besar Teknologi Energi BPPT), dan Bambang Gatot Ariyono (Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi dan Keuangan).

Kemudian, Edi Prasodjo (Direktur Mineral Kementerian ESDM), Satry Nugraha, dan Muhammad Said Didu (Staf Khusus Menteri ESDM). Selain itu, Rida Mulyana (Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM), Arya Rezavidi, dan Faizul Ishom.

Para calon tersebut terbagi menjadi lima atau setiap posisi eselon satu terdiri atas tiga calon. Presiden Jokowi akan memilih satu dari tiga calon tiap posisi tersebut.

Lima posisi eselon satu yang dilelang adalah Dirjen Migas, Dirjen Ketenagalistrikan, Dirjen Mineral dan Batubara, Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, dan Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional.

Sebelum mengerucut menjadi 15, calon pejabat eselon satu berjumlah 31 orang. Sedang ke-16 calon yang tidak lolos seleksi adalah Djoko Siswanto (Direktur Gas Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi), Eri Purnomohadi (Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi), dan Naryanto Wagimin (Direktur Hulu Migas Kementerian ESDM).

Lalu, Hanggono Tjahjo Nugroho (mantan Anggota BPH Migas), Herry Gunawan Wibiksana, Sammy Hamzah (Direktur Indonesian Petroleum Association), Hamzah Hilal, dan Mochamad Harry Jaya Pahlawan (mantan Direktur PT PLN).

Selanjutnya, Nur Pamudji (mantan Dirut PLN), Wisnu Sardjono Soenarso, Saleh Abdurrahman (Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM), I Gusti Bagus Wijaya Kusuma, Samuel Pati Senda, Didik Notosudjono, Dadan Kusdiana (Direktur Bioenergi Kementerian ESDM), dan Hanan Nugroho.(helmi)