Angkasa Pura 2

HPP Kilang Pertamina Lebih Rendah Dari Singapura

EnergiRabu, 1 April 2015
Kilang Balongan

JAKARTA (beritatrans.com) -Kita bangsa Indonesia patut bangga dengan prestasi Pertamina. Harga pokok produksi (HPP) minyak di kilang Pertamina lebih murah dibandingkan asing termasuk Singapura.

“Sejarah selama ini membuktikan bahwa biaya pengolahan di Kilang Pertamina selalu lebih mahal dari kilang Singapura. Kalau sekarang lebih rendah, itu prestasi,” kata pengamat energi Sofyano Zakaria pada pers di Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Sebelumnya, Menteri ESDM dengan bangga menyebutkan, harga produksi minyak di kilah-kilang dalam negeri milik Pertamina sama atau bahkan lebih murah dibandingkan asing termasuk Singapura. Salah satunya, Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat.

Dikatakan Sofyano, di masa Pemerintahan Jokowi dan energi negeri ini berada dibawah “komando” Sudirman Said selaku Menteri Esdm, ternyata bisa dibuktikan bahwa biaya pengolahan pada kilang milik Pertamina lebih murah dari negeri Jiran dan Singapura.

“Bangsa ini patut memberi acungan jempol kepada Pemerintah, Menteri ESDM dan Direksi Pertamina beserta seluruh jajaran Pertamina Pengolahan,” kata Sofyano lagi.

Namun, lanjutnya, kita berdoa, semoga murahnya biaya pengolahan di Kilang Pertamina bukan karena faktor murahnya atau karena turunnya harga crude oil khususnya yang terjadi pada akhir tahun 2014.

“Pembuktian Kilang Pertamina bisa lebih murah dari Singapura, itu bisa dilihat tatkala harga crude oil sudah naik atau lebih tinggi dari saat ketika Kilang Pertamina mengolah produk dengan harga murah,” jelas Sofyano.

Dikatakan, murahnya biaya pengolahan minyak di kilang selain bergantung dengan efisiensi biaya, kondisi dan usia kilang, juga sangat bergantung kepada harga crude oil di pasar dunia.

“Sebaliknya, jika kemudian harga pengolahan minyak di kilang Pertamina ternyata tetap diatas harga kilang Singapura, maka Pemerintah berpeluang menjadi cibiran publik yang dinilai sebagai tebar pesona,” tandas Direktur Puskepi itu.

“Kita juga berharap Pemerintah tidak terburu buru menyampaikan ke publik terhadap hal-hal yang belum dibuktikan kebenaran jangka panjangnya seperti soal biaya kilang Pertamina lebih murah dari Singapura ini,” kilah Sofyano.

“Sebaiknya Pemerintah memastikan secara tegas apakah data tentang harga pokok produksi (HPP) pada Kilang Pertamina hanya Murah dari singapura karena faktor turunnya harga minyak dunia,” tegas Sofyano.(helmi)

loading...