Angkasa Pura 2

Termasuk Kapal Costa Concordia

Kapal Pesiar Supermewah Dipakai Mafia Selundupkan Kokain

Aksi Polisi DermagaRabu, 1 April 2015
_Costa_Concordia_2121115b

ROMA (beritatrans.com) – Tak hanya menimbulkan duka mendalam, tragedi tenggelamnya kapal pesiar supermewah, Costa Concordia, ternyata ada perkara kriminal lain yakni perdagangan narkoba.

Kepolisian Italia sedang menginvestigasi perkara digunakannya kapal tersebut untuk menyelundupkan kokain dari  Amerika Latin ke Eropa dan belahan dunia lainnya.

Penyelidikan itu, koran La Repubilca dan The Independent, Selasa (31/3/2015), memberitakan penyelidikan terhadap kapal tersebut berdasarkan informasi dari 20 orang yang ditahan karena kasus narkoba. Puluhan tersangka itu diduga menjadi anggota jaringan mafia dari Calabrian, Ndrangheta.

Penggunaan kapal Costa Concordia untuk transportasi kokain juga diketahui polisi dari penyadapan pembicaraan telepon antara bos Ndrangheta, Michele Rossi, dengan rekannya, Massimo Tiralongo. Mafia Ndrangheta tersemasuk sindikat paling ditakuti di Italia.

Meski demikian, polisi masih berusaha menemukan narkoba dari bangkai kapal yang tenggelam pada 12 Januari 2012 dan menewaskan 32 penumpangnya itu. Polisi meyakini keberadaan narkoba dengan fasilitasi satu atau dua kru kapal.

Penggunaan kapal pesiar untuk menyelundupkan kokain diketahui juga melibatkan kapal milik maskapai MSC dan Norwegian Cruise Lines. Sebanyak 43 kilogram kokain diselundupkan dengan melibatkan kru kapal.

Bulan Maret 2015, lima kru dari kapal milik Norwegian Cruise Lines ditahan karena menyelundupkan 5 kilogram kokain di celana dalam. Selain itu, dua awak  Royal Caribbean ditahan karena di badan mereka terdapat kokain senilai 1 juta dolar AS. (awe)?

loading...