Angkasa Pura 2

ASDP Segera Kembangkan Dermaga Pelabuhan Merak-Bakauheni

DermagaJumat, 10 April 2015
Pelabuhan-Merak-Padat1

JAKARTA (Beritatrans.com) -PT ASDP Indonesia Ferry menilai keberadaan Indonesia yang sangat strategis harus dikembangkan semaksimal mungkin. Salah satunya dengan penyediaan fasilitas berupa pelabuhan maupun sarana, yaitu kapal.

Direktur Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Youlman Jamal memaparkan bahwa ASDP sedang berfokus mengembangkan jalur penyeberangan Merak-Bakauheni yang terkenal padat.

“Saat ini, perjalanan dari Jakarta ke Merak sudah semakin lancar, bisa ditempuh 1-2 jam. Bila kendaraan semakin cepat ke Merak sedangkan pelabuhan tidak mampu menampung kendaraan, akan mengakibatkan penumpukan kendaraan,” kata Youlman pada beritatrans.com di Jakarta, Kamis (9/4/2015).

“Untuk mengatasi hal ini, manajemen ASDP akan menambah 10 dermaga di Merak dan 10 dermaga di Bekauheni,” kata Youlman.

Selain itu, ASDP telah menyiapkan tiga kapal Ro-Ro (Roll on-Roll off) tambahan yang berkapasitas 5.000 GT, yaitu KMP Legundi, KMP Sebuku, dan KMP Batumandi.

“Ketiga kapal ini dalam persiapan untuk segera dioperasikan di lintasan Merak-Bakauheni,” papar pejabat BUMN itu.

Bisnis jasa penyeberangan di Merak-Bakauheni masih sangat menjanjikan. Saat ini, kebutuhan akan jasa penyeberangan dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya sangat tinggi. “Semua itu sampai kini masih bertumpu pada penyeberangan Merak-Bakauheni yang dioperasikan oleh ASDP,” urai Youlman.

Penyertaan modan negara (PMN) kepada ASDP sebesar Rp1 triliun tahun 2015, tambah Youlman, menjadi momentum bagi perusahan untuk bangkit dan meningkatkan kinerja serta pelayanan pada pengguna jasa.

“ASDP harus memberikan kinerja dan pelayanan lebih baik. Selain itu juga mampu memberikan nilai tambah yang besar bagi pemegang saham, yaitu negara,” tegas Youlman.(helmi/aliy)

loading...