Angkasa Pura 2

Militer Rusia: Amerika Tidak Berhak Menilai Penerbang Rusia

KokpitMinggu, 12 April 2015
Sukhoi

MOSKOW (beritatrans.com) – Militer Rusia merespon cepat kekesalan Pentagon atas insiden pencegatan pesawat tempur yang terjadi di perbatasan wilayah udara Rusia pada Selasa, 7 April 2015 lalu. Menurut Rusia, pesawat tempur Amerika Serikat berusaha untuk menerobos wilayah udara mereka.

“Kualitas pilot kami, hanya militer Rusia yang berhak menilai, bukan orang lain.” kata pejabat militer Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov seperti dilansir Sputnik, Minggu (12/4/2015).

Konashenkov meyakini bahwa pesawat tempur Amerika Serikat itu adalah pesawat mata-mata yang sedang mencoba memasuki wilayah Rusia.

“Saya yakin itu adalah pesawat mata-mata AS. Jet tempur itu mencoba memasuki wilayah kami. Pilot jet tempur kami kemudian memastikan bahwa pesawat itu adalah US RC-135U,” ujarnya.

Menurut Konashenkov, pesawat mata-mata Amerika Serikat itu mematikan alat komunikasi mereka.

“Pesawat AS tersebut hanya terbang di sekitar wilayah udara kami. Tidak menunjukan tanda-tanda akan bergerak menuju tempat lain. Itulah yang membuat saya yakin bahwa itu adalah pesawat mata-mata,” kata Konashenkov. (aliy)

loading...