Angkasa Pura 2

2 Penumpang KM Kelud Jatuh ke Laut

Pelni: Dua Penumpang Itu Pasti Melewati Pagar Pengaman Kapal

DermagaSelasa, 14 April 2015
Akhmad Sujadi

JAKARTA (beritatrans.com) – Pelni mengaku terkejut dengan kejadian jatuhnya dua penumpang KM Kelud ke laut. Pasalnya di setiap kapal milik Pelni selalu ada pagar besi pengaman di tiap sisi kapal.

“Di kapal sudah dibatasi dengan pagar pengamanan. Penumpang yang jatuh sudah pasti melewati pagar dan menempati area terlarang,” kata Kepala Humas PT Pelni Akhmad Sujadi saat dikonfirmasi beritatrans.com di Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Akhmad Sujadi mengatakan, melewati pagar pengaman merupakan kebiasaan buruk penumpang.

“Meskipun petugas sudah melarang dan ada tulisan (tanda larangan), begitu petugas pergi, mereka ke tempat terlarang,” ujarnya.

Akhmad Sujadi mengakui, saat kejadian sejumlah sekoci di KM Kelud bermasalah seperti macet dan mesin mati.

“Untuk sekoci kapal sudah mulai kami perbaiki. Semula banyak yang macet. Tidak jalan. Mesinnya mati. Sekarang sudah 80 % sekocil kapal sudah berfungsi,” kata Sujadi.

Sebelumnya diberitakan, dua orang penumpang KM Kelud terjatuh dan dinyatakan hilang di Selat Malaka sekitar perairan Pulau Berhala, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Minggu (13/4/2015) malam.

Keduanya hilang setelah terjatuh dari kapal yang sedang berlayar dari Tanjung Balai Karimun menuju Pelabuhan Belawan. (aliy)