Angkasa Pura 2

Ratusan Penumpang 2 Kapal Pesiar Mewah Terserang Wabah Muntaber

DermagaTuesday, 14 April 2015

SAN DIEGO (beritatrans.com) – Ratusan penumpang dua kapal pesiar supermewah terserang wabah muntaber sehingga memaksa kapal kembali ke Pelabuhan San Diego, California, Amerika Serikat.

Travelpulse, Selasa (14/4/2015), memberitakan sekitar 220 penumpang kapal  terserang penyakit pencernaan. Kedua kapal tersebut adalah Legend of The Seas milik maskapai pelayaran  Royal Caribbean International, dan Celebrity Infinty milik maskapai pelayaran  Celebrity Cruises.

Berita itu berdasarkan laporan dari Vessel Sanitation Program (VSP), yang merupakan bagian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau badan pencegahan dan kontrol penyakit AS.

Sebanyak 114 penumpang dan dua kru kapal Legend of the Seas dilaporkan terserang muntah dan diare dalam pelayaran 30 Maret hingga 14 April 2015.  Belum diketahui penyebab pecahnya wabah muntaber itu.

Kapal lainnya yakni Celebrity Infinity dilaporkan harus kembali ke pelabuhan awal pada 13 April 2015 karena 106 penumpangnya juga terserang penyakit pencernaan. Jumlah penumpang yang sakit  itu 5 persen dari total 2.117 penumpang.

Pihak CDC menduga penyebab penyakit yang menyerang penumpang dua kapal itu adalah virus bernama norovirus. Virus ini menular lewat kontak fisik atau dari makanan atau air yang sudah terkontaminasi.  

2337047392_7fb030d6a6_b

Pihak maskapai Celebrity menyatakan seluruh penumpang yang sakit sudah mendapat pertolongan medis. Selama dalam pelayaran, maskapai itu mengaku menerapkan berbagai protokol serta prosedur kebersihan antara lain dalam hal sanitasi dan menggunakan produk dan disinfektan yang dapat membunuh norovirus.

Berdasarkan kasus tersebut, pihak Celebrity menyatakan akan menanyakan kepada calon penumpang memgenai apakah pernah terserang penyakit pencernaan selama  tiga hari sebelumnya.

Pekan lalu, kapal Norwegian Pearl yang dioperasikan maskapai Norwegian Cruise Line dilaporkan juga mengalami wabah penyakit yang sama. Sebanyak 107 orang dari 2.472 penumpang terserang gejala muntaber. (awe).