Angkasa Pura 2

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub

Disiapkan Rp10 Miliar untuk Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan KA

EmplasemenRabu, 15 April 2015
Hermantoo_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan tetap menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor melalui kereta api (KA). Tapi khusus moda KA hanya akan dilayani ke beberapa rute di Jawa.

“Kita masih menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor dengan KA. Nanti mekanismenya akan diatur,” kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko di Jakarta, Selaa (14/4/2015).

Dikatakan, pemerintah melalui APBN tahun 2015 mngalokasikan dana antara Rp5 miliar sampai Rp10 miliar untuk mudik gratis sepeda motor ini. Dengan tujuan, masyarakat bisa tetap pulang mudik dengan selamat dana menekan angka kecelakaan di jalan raya,” kata Hermanto lagi.

Yang pasti, lanjut dia, mekanismenya tak jauh berbeda dengan pelaksanaan mudik gratis sepeda motor tahun lalu. Misalnya, penumpang harus memiliki tiket KA kemudian bisa membawa motornya naik KA. “Selanjutnya diambil di kota tujuan oleh pemiliknya,” jelas Dirjen.

Kecelakaan lalu lintas yang tinggi ditambah dengan kemacetan lalu lintas terutama di lintas pulau Jawa, menurut Hermanto, harus disikapi dengan bijak. Apalagi banyak korban kecalakaan di jalan adalah pengguna sepeda motor.

“Sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah memfasilitasi dengan menyelenggarakan mudik gratis tersebut. Termasuk mudik gartis sepeda motor dengan kereta api,” tegas Hermanto.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari