Angkasa Pura 2

Kemacetan dan Lakalantas Masih Ancam Pemudik Lebaran 2015

KoridorMinggu, 19 April 2015
Kemacetan Jalan Jakarta

JAKARTA (beritatrans.com) – Ancaman kemacetan selama arus mudik Lebaran 2015 masih mengintai pemudik. Apalagi jika Pemerintah pusat dan daerah tidak proaktif dan membangun angkutan umum yang baik, aman dan nyaman untuk rakyatnya.

“Pembangkangan kepala daerah yang tak mau membenahi transportasi umum di daerahnya masing-masing juga akan berimbas pada angkutan Musim Lebaran 2015,” kata pakar transportasi Djoko Setijowarno di Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Kondisi tersebut bisa memicu dampak negatif lain seperti kecelakaan di jalan raya, bahkan aksi kriminal lain di masyarakat.

Pada masa angkutan Lebaran mendatang, lanjutnya, akan masih banyak pemudik menggunakan sepeda motor, sehingga angka kecelakaan sepeda motor tetap tinggi, dan bus AKAP sepi penumpang.

Djoko menambahkan pengguna kendaraab pribadi masih tetap tinggi, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) makin tinggi tinggi. “Dampak negatif lainnya, kemacetan perjalanan tetap masih panjang,” jelas dia.

Kondisi tersebut bisa diminimalisir, menurut Djoko jika pemerintah mau mengambil kebijakan anomali, misalnya melarang penggunaan sepeda motor jarak sedang dan jauh untuk mudik.

“Selanjutnya memperbanyak rangkaian kereta api (KA) ekonomi, subsidi penumpang bus AKAP & AKDP. Kemudian menambah frekuensi kapal laut gratis pemudik, menaata angkutan lanjutan di bandara, terminal, stasiun KA dan pelabuhann,” tegas Djoko.(helmi)

loading...