Angkasa Pura 2

DAMRI Siapkan 2.168 Bus Untuk Angkutan Lebaran 2015

KoridorSelasa, 21 April 2015
direksi damri

JAKARTA (beritatrans.com) – Manajemen Perum DAMRI secara teknis siap menggelar dan melayani arus mudik Lebaran tahun 2015. Sebagai BUMN, Perum DAMRI tentu selalu siap mendukung program pemerintah.
 
”Saat ini, disispkan  sebanyak 2.168 unit bus baik kelas ekonomi dan non ekonomi. Selaon itu juga disipkan 112 unit bus cadangan,” ujar Direktur Teknik Perum DAMRI Bagus Wisanggeni  di Jakarta, Senin (20/4/2015) petang.

Dikatakan, untuk angkutan mudik DAMRI akan difokuskan melalui Stasiun DAMRI Kemayoran Jakarta Pusat. “Seluruh armada bus dan awak angkutan dan teknisi sudah siap sejak sekarang,” kata Bagus.
 
Dari jumlah tersebut, sebagain ebsar bus DAMRI sudah dilengkapi alat pendingin atau AC.  ”Jadi, meski bus ekonomi tapi ada AC-nya. Selain itu,   jumlah bus VIP atau eksekutif juga makin banyak untuk melayani rute tertentu yang memang secara ekonomi menjanjikan,” jelas Bagus.
 
Pengalaman selama ini, DAMRI paling banyak melayani penumpang ke berbagai tujuan seperti Lampung dan Palembang. Untuk wilayah Jawa, terutama tujuan Purwokerto, Wonosobo, Purworejo dan Surakarta.
 
”Beberapa koa tujuan itu, bus-bus DAMRI masih banyak dinikmati dengan load factor cukup bagus dan ekonomis. Oleh karena itu, kita akan siapkan secara maksimal,” jelas Bagus.
 
Yang menjadi pertimbangan dan perlu diperhatikan bersama, menurut dia, justru jalur mudik yan belum semua bagus. Misalnya di lintas tengah Jawa khusunya daerah Bumiayu, saat ini ada ruas tertentu yang amblas.  
 
”Ruang jalan yang rusuk ittulah yang perlu segera dibenahi, sehingga tidak micu kemacetan tinggi saat arus mudik Lebaran mendatang,” papar Bagus.
 
Selai itu, tambah dia, manajemen DAMRI juga menyiapkan  teknisi, depo dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan jika kondisi darurat. ”Yang pasti, DAMRI akan berusaha maksimal untuk bisa melayani arus mudik dibandingkan tahun sebelumnya,” tegas Bagus.(helmi/aliy)
 

loading...