Angkasa Pura 2

Pesawat Dinaiki Presiden, Kopilot Sengaja Tumpahkan Kopi

KokpitRabu, 22 April 2015
falcon-50.si

BELGRADE (beritatrana.com) – Sebuah investigasi yang dilakukan terkait pesawat kepresidenan Serbia yang tiba-tiba kehilangan ketinggian dalam penerbangannya telah memberikan hasil.

Tim investigasi, Selasa (21/4/2015), menemukan bahwa insiden itu disebabkan kopilot tanpa sengaja menumpahkan kopi ke panel-panel instrumen pesawat di kokpit.

Hasil investigasi menunjukkan kopilot tanpa sengaja mengaktifkan panel yang mengaktifkan salah satu bagian pesawat yang disebut “slat” saat mencoba membersihkan tumpahan kopinya.

Akibatnya, “slat” yang terletak bagian bagian ujung sayap pesawat berubah sudut yang menyebabkan pesawat Falcon 50 itu tiba-tiba menukik dan sempat beberapa saat kehilangan tenaga.

Beruntung sang kapten pilot berhasil menstabilkan posisi pesawat itu dan kembali ke ibu kota Serbia, Belgrade. Akibatnya, sejumlah kunjungan resmi Presiden Tomislav Nikolic ke beberapa negara termasuk ke Vatikan harus dibatalkan.

Awalnya, kantor kepresidenan Serbia menyebut presiden harus kembali karena pesawat yang digunakan mengalami kerusakan mesin. Otorita penerbangan sipil Serbia mengatakan kopilot pesawat kepresidenan saat ini sudah dinonaktifkan.

Akibat insiden yang terjadi Jumat pekan lalu itu, untuk sementara Presiden Nikolic akan menggunakan pesawat komersial saat melakukan kunjungan ke luar negeri, sebab pesawat kepresidenan jenis Falcon 50 sudah berusia 34 tahun dan kerap mengalami masalah.

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari