Angkasa Pura 2

800 Penumpang Tewas, Nakhoda Berusia 27 Tahun Jadi Tersangka

DermagaKamis, 23 April 2015
2101209Kapal-Imigran-di-Laut-Tengah780x390

ROMA (beritatrans.com) – Jaksa di Italia telah menetapkan nakhoda kapal, Mohammed Ali Malek, menjadi tersangka dalam kasus tenggelamnya kapal pembawa migran yang menyeberang melalui Mediterania. Peristiwa itu menyebabkan lebih dari 800 migran tewas.

Dilansir BBC Rabu 22 April 2015, selain kapten kapal, polisi Italia mengatakan turut mengeluarkan surat perintah penangkapan kru kapal tersebut, Mahmud Bikhit, yang masih berusia 25 tahun dan berasal dari Suriah.

Jaksa Italia itu mengatakan ada dua penyebab dari terbaliknya kapal tersebut, hingga kapten Ali, yang masih berusia 27 tahun itu terseret atas tuduhan pembunuhan.

Penyebab utama, dilontarkan jaksa, adalah ketika kapten kapal tersebut telah berupaya datang bersama kapal penyelamatan dan sengaja menyebabkan perahu tersebut bertabrakan dengan kapal dagang besar.

Lalu, penyebab kedua adalah kepadatan perahu nelayan yang menyebabkan perahu berujung pada kehilangan keseimbangan. “Akibat manuver yang salah menyebabkan posisi migran bergeser, kemudian terbalik,” kata Jaksaseperti dikutip viva.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Giovanni Salvi mengatakan, korban tewas cukup banyak dikarenakan jumlah migran yang terkunci di bawah dek kapal berjumlah lebih besar dibanding yang di atas.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan kematian pada tahun 2015 berjumlah 30 kali lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu dan bisa naik ke 30.000. Sebanyak 28 orang yang selamat dari terbaliknya kapal pada Minggu lalu tiba di Catania, Sisilia, Senin, 21 April kemarin. (tiefa)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari