Angkasa Pura 2

Sejumlah Jalan di Jakarta Ditutup Jumat Pagi & Sore Karena Delegasi KAA Menuju Bandara Halim Perdanakusuma

KoridorKamis, 23 April 2015
2015-04-23 22.09.23

JAKARTA (beritatrans.com) – Arus lalu lintas di kawasan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, akan ditutup selama satu jam pada besok, Jumat pagi, 24 April 2015.

Penutupan dilakukan saat rombongan delegasi dan kepala negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) meninggalkan Jakarta untuk bertolak ke Bandung, Jawa Barat.

Penututupan jalan dengan sistem buka tutup direncanakan berlangsung pukul 06.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB. Hal itu dilakukan karena delegasi KAA akan bertolak ke Bandung melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

“Mereka take off pukul 07.30 WIB,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin, Kamis (23/4/2015).

Rekayasa lalu lintas dengan sistem tersebut dimulai dari hotel tempat para tamu menginap dan sejumlah ruas jalan yang dilewati. “Termasuk di pintu masuk dan pintu keluar tol dalam kota arah Cawang,” tuturnya.

Proses keberangkatan delegasi dibagi dalam tiga tahap. Kloter pertama khusus yang menginap di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman. Berikutnya, delegasi yang berada di kawasan Kuningan di Jalan HR Rasuna Said, dan terakhir delegasi yang menginap di wilayah Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Rombongan delegasi berangkat melalui Bandara Halim Perdanakusuma dengan menumpang tiga pesawat khusus yang disiapkan pemerintah Indonesia. “Jalan ditutup selama rombongan melintas saja. Setelah itu jalur kembali dibuka,” tambahnya.

Kemudian, pada pukul 15.00 WIB, lalu lintas dari Bandara Halim Perdanakusuma kembali ditutup karena beberapa kepala negara akan diantarkan kembali ke hotel masing-masing. “Kepala negara ini ada yang langsung pulang ke negaranya, ada juga yang kembali ke hotel,” tutup Risyapuddin.

Masyarakat dan pengguna jalan di sekitar Bandara Halim pun diimbau untuk mencari alternatif jalur lain agar tidak terjebak dalam kemacetan di jam-jam tersebut. (ani).

loading...