Angkasa Pura 2

Pesawat Lion Berasap di Bandara Kualanamu, Penumpang Buka Pintu Darurat, 3 Orang Luka

Bandara KokpitJumat, 24 April 2015
IMG_20150424_170958

KUALANAMU (beritatrans.com) – Pesawat Lion Air mengeluarkan asap dan terdengar suara dentuman kecil ketika hendak berangkat dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (24/4/2015) siang. Penumpang panik sehingga tiga orang luka dan satu menderita trauma.

Kepada beritatrans.com, General Manager Bandara Kualanamu, Jaya Tahoma Sirait, mengemukakan peristiwa bermula ketika pilot Capt. Amansyah meminta izin untuk memundurkan pesawat Boeing 737 seri 900 kepada petugas Air Traffic Control (ATC) pada pukul 12.10.

“Permintaan itu diajukan karena pesawat hendak berangkat. Jadwal terbang pesawat JT 303 dengan 206 penumpang dan 7 kru itu sebenarnya pada pukul 11.50,” ungkap Jaya Tahoma Sirait saat menjenguk penumpang yang luka di rumah sakit.

Setelah izin didapat, Jaya Tahoma Sirait mengemukakan pilot menghidupkan mesin. Namun terdengar suara seperti dentuman dan memunculkan asap di luar pesawat tujuan Bandara Soekarno – Hatta itu.

Suara itu tentu saja mengagetkan penumpang, apalagi mereka melihat ada asap di luar pesawat. Di antara penumpang itu, ternyata ada yang panik dan nekat membuka pintu darurat. Tanpa dikomando, mereka segera ke luar, bahkan ada yang melompat.

Perbuatan nekat itu mengakibatkan tiga penumpang mengalami cedera. Satu penumpang lainnya yakni seorang ibu mengalami trauma. Mereka dilarikan ke rumah sakit.

BATAL TERBANG
Penumpang yang tidak mengalami luka dan tetap ingin terbang ke Bandara Soekarno – Hatta, dialihkan ke pesawat Lion Air dengan jadwal pukul 15.30.

“Pengalihan ini karena pesawat PK-LFT, yang mengalami insiden tidak diperkenankan untuk terbang. Ada tim yang masih memeriksa,” jelas Jaya Tahoma Sirait.

Sejauh ini, dia menuturkan ternyata ada asap hitam di bagian auxiliary power unit di ekor pesawat. “Tidak ada kerusakan sama sekali bila dilihat secara visual dari luar,” ungkapnya. (helmi/awe).