Angkasa Pura 2

Cuaca Buruk Hambat Kapal Roro Sandar di Pelabuhan Merak

DermagaSabtu, 25 April 2015
kapal-kandas1s

MERAK (beritatrans.com) – Cuaca buruk yang melanda Perairan Selat Sunda selama dua hari terakhir ini menyebabkan pelayaran Merak-Bakauheuni terganggu.

“Saat ini kapal roll on-roll of (ro-ro) sulit bersandar, karena deras arus laut disertai angin kencang,” kata Manajer Usaha Pelabuhan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri Cabang Utama Merak, Nana Sutisna saat dihubungi, Sabtu (25/4).

Cuaca buruk, dia mengutarakab menyebabkan penyeberangan meliantasi Selat Sunda, Merak-Bakauheni tidak bisa tepat waktu.

Biasanya, kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Merak bisa dilakukan sekitar 30 menit. Namun, saat ini penyeberangan Kapal ro-ro bisa di atas dua jam, karena kapal ro-ro kesulitan bersandar di Pelabuhan Merak.

Bahkan, penyeberangan Merak-Bakauheni, Jumat (24/4) malam dihentikan operasi karena cuaca buruk itu.

“Kami minta nahkoda kapal waspada menghadapi cuaca buruk itu,” ucapnya seperti dirilis beritasatu.com.

Menurut dia, selama dua hari terakhir ini cuaca buruk melanda Perairan Selat Sunda, sehingga berdampak terhadap aktivitas penyeberangan.

PT ASDP Merak tetap beroperasi untuk melayani masyarakat pengguna jasa penyeberangan dari Pulau Jawa ke Sumatera maupun sebaliknya.

“Kami saat ini mengoperasikan pelayaran, tetapi kedatangan tidak tepat waktu akibat cuaca buruk itu,” katanya.

Kepala Bagian Humas PT ASDP Idonesia Feri Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo membenarkan kondisi cuaca buruk di Perairan Selat Sunda, hingga menimbulkan gangguan penyeberangan Merak-Bakuheni.

“Keberangkatan kapal memang sedikit terganggu, karena tinggi gelombang yang mencapai 1,5 meter disertai kecepatan angin 40 knot,” katanya. (fani).

loading...