Angkasa Pura 2

Bobby: Target Mudik Gratis Sepeda Motor 10.000 Unit Tahun 2015

DermagaRabu, 29 April 2015
Bobby-1_edit_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan mengangkut mudik gratis sepeda motor sebanyak 10.000 unit pada musim Lebaran 2015. Pagu anggaran yang disiapkan mencapai Rp20 miliar.

“Jumlah itu naik dibanding tahun lalu sebanyak 5.100 unit sepeda motor pada Mudik Lebaran tahun 2014,” kata Dirjen Perhubungan Laut Capt.Bobby R.Mamahit di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Dikatakan, Kemenhub menyiapkan empat kapal. Masing-masing dua dari PT Pelni dan selebihnya dari TNI AL. “Kapal tersebut akan diberangkatkan dalam dua tahap, dengan tujuan ke Jawa Tengah dan kota lain di Indonesia,” jelas Bobby.

Penyelenggaraan mudik gratis untuk pengguna sepeda motor, lanjut Dirjen dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, sekaligus mengurangi beban kepadatan lalu lintas di jalan raya.

“Semakin banyak pemudik dengan sepeda motor yang naik kapal, maka beban di jalan raya akan berkurang dan potensi kecelakaan makin berkurang,” papar Bobby.

Seperti biasanya, aku Dirjen mudik dengan sepeda motor akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Kalau tahun lalu tujuan ke Semarang, Jawa Tengah dan Lampung meski yang kedua peminatnya kecil.

“Nanti, proses pendaftaran mudik gratis dengan sepeda motor akan diatur lebih lanjut serta mekanisme pemberangkatannya juga demikian,” tegas Bobby.(helmi/aliy)