Angkasa Pura 2

Iran Tembaki dan Tahan Kapal Kargo Milik AS

DermagaRabu, 29 April 2015
kapal kargo

TEHERAN (beritatrans.com) – Kapal perang Iran menembak kapal kargo berbendera Pulau Marshall di Selat Hormuz dan diarahkan lebih jauh ke dalam wilayah perairan Iran, Pentagon menegaskan. Pasukan Angkatan Laut Komando Sentral (NAVCENT) telah mengirimkan pesawat untuk mengamati dan diarahkan USS Farragut (DDG-99) untuk memantau situasi.

Seperti diwartakan situs news.usni.org, Rabu (28/4), setelah kapal kargo 52.600 gross ton dikelilingi oleh Pasukan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGCN) menggunakan kapal patroli, “Nakhoda diperintahkan untuk mengarahkan posisi kapal masuk ke dalam wilayah perairan Iran,” menurut pernyataan dari juru bicara Pentagon US Army Kolonel Steve Warner.

“Nakhoda menolak, tetapi Pasukan AL Iran melepaskan tembakan saat Maersk Tigris. Nakhoda lalu memenuhi permintaan Iran dan melanjutkan ke perairan Iran di sekitar Pulau Larak. ”

Warren mengatakan bahwa NAVCENT bertanggung jawab sebagai penghubung dengan perusahaan pelayaran dan terus memantau situasi. Perusahaan pelayaran kepada NAVCENT tidak ada orang Amerika di atas kapal, tambahnya.

Iran Fars News Agency melaporkan “telah menyita kapal dagang Amerika” atas permintaan otoritas Pelabuhan Iran dan Organisasi Maritim.

“Kapal itu ditangkap setelah perintah pengadilan yang relevan dikeluarkan untuk penyitaan,” seorang sumber seperti dikutip. Ditambahkan bahwa IPMO memiliki aturan berbeda dengan pemilik kapal, dan IRGCN akan mengawal kapal ke Bandar Abbas.

Menurut sayhabandar, kapala kontainer itu akan berlabuh ke pemberhentian terakhir di Jeddah, Arab Saudi, setelah berhenti di awal bulan di Turki dan menuju ke Jebel Ali, Uni Emirat Arab. Kapal itu diperkirakan akan mencapai tujuan pukul 21.30 UTC / waktu Zulu.

loading...