Angkasa Pura 2

Kemenhub Ajukan Revisi PP Nomor 11 Tentang Tarif PNBP

Kemenhub Ajukan Revisi PP Nomor 11 Tentang Tarif PNBP

DermagaRabu, 29 April 2015
IMG_00001642

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2015 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Alasannya, masih ada beberapa sektor yang bisa dioptimalkan sebagai pemasukan PNBP. Apalagi target PNBP Kemenhub tahun ini sekitar Rp7,5 triliun.

“Target PNBP Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) sendiri sebesar Rp3 triliun dari sebelumnya Rp800 miliar,” kata Dirjen Hubla Capt. Bobby R Mamahit pada saat sosialisasi berbagai peraturan bari di Kementerian Perhubungan di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Bobby mengatakan beberapa poin yang diusulkan untuk dimasukkan ke dalam revisi PP tersebut di antaranya adalah tarif pengawasan kabel-kabel bawah laut, pipa bawah lautan dan pengawasan perairan.

Ia menjelaskan, dalam PP Nomor 11 Tahun 2015 tentang jenis dan tarif PNBP yang berlaku pada Ditjen Perhubungan Laut antara lain tarif jasa kepelabuhanan pada pelabuhan non komersil atau belum diusahakan, jasa kenavigasian, penerimaan uang perkapalan, dan jasa angkutan laut. (aliy)