Angkasa Pura 2

BPSDM Perhubungan Jaring Calon Taruna Sampai 1 Juni 2015

SDMSabtu, 2 Mei 2015
Tommy wisuda pelaut

JAKARTA (beritatrans.com) – Seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) Badan Pengembangan SDM Perhubungan masih dibuka sampai 1 Juni 2015. Semakin banyak pendaftar bagus dan bisa memilih calon yang terbaik.

“Kita aman menjaring calon taruna sebanyak-banyaknya dan tentunya yang berkualitas. Jadi, seleksi akan dilakukan ekstra ketat dengan standar yang sudah ditentukan panitia,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo pada beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, total taruna yang akan diterima sekitar 3.500 orang seluruh moda. Mereka akan ditempatkan di kampus yang tersebar mulai Banda Aceh sampai Papua.

“Calon taruna bisa memilih program studi sesuai bakat dan kemampuan masing-masing,” jelas Tommy.

Data yang dihimpun beritatrans.com menyebutkan, sampai akhir April 2015 sudah ada 4.100 orang lebih yang resmi mendaftar ke panitia sipencatar tahun 2015.

“Mereka itu yang resmi melengkapi berkas-berkas sesuai ketentuan panitia, termasuk mereka yang mendaftar secara online,” kata seorang sumber.

Pengalaman tahun lalu, lanjut dia, jumlah pendaftar mencapai kisaran 15.000 orang. Sementara, yang diterima masuk sekitar 2.600 orang. Tapi, alokasi dan kuota penerimaan taruan tahun 2015 naik menjadi 3.500 orang.

Data pantia menyebutkan, sekolah-sekolah pelaut paling banyak diminati dan menerima taruna. STIP Jakarta misalnya, sudah menerima sekitar 450 pendadftar bahkan PIP Semarang yang paling tinggi hampir 600 orang.
Selain itu, PIP Makassar dan Poltekpel Surabaya juga banyak diminati calon taruna.

Sementara, untuk sekolah penerbangan peringkat tertinggi diduduki STPI Curug dan beberapa ATKP di daerah. Untuk moda darat, animo masyarakat paling tinggi masuk STTD Bekasi dan PKTJ Tegal.(helmi)