Angkasa Pura 2

ASEM 3th Hasilkan 13 Keputusan di Bidang Transportasi

Bandara DermagaMinggu, 3 Mei 2015
Jonan Baru2

JAKARTA (beritatrans.com) -Pertemuan Menteri Transportasi Asia – Eropa (Asia – Europe Meeting/ASEM) yang dihadiri Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan menghasilkan 13 keputusan yang dituangkan dalam Riga Declaration.

Deklarasi Rida tersebut meliputi beberapa hal seperti memperkuat kerja sama bilateral dan multilateral dengan tujuan untuk mengembangkan dan memajukan integrasi transportasi Euro-Asia meliputi rute, koridor, dan jaringan transportasi. Selanjutnya untuk meningkatkan konektivitas antara Eropa dan Asia, yang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi

Pertemuna para emnteri tarnsportaiAsia dan Eropa itu untuk melanjutkan partisipasi aktif dalam forum United Nations Economic Commission for Europe (UNECE), United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP), Organization for Co-operation between Railways (OSJD).

The Intergovernmental Organization for International Carriage by Rail (OTIF), International Civil Aviation Organization (ICAO), International Maritime Organization (IMO), World Customs Organization (WCO) untuk mengembangkan standar dan kerjasama koridor transportasi Trans-Eurasia.

Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan, seperti dikutip dari siaran resmi Kemenhub menyambut baik kerja sama dalam rangka meningkatkan konektivitas transportasi multimoda nasional, regional dan bi-regional.

Pihak Indonesia, kata Jonan meyakini bahwa transportasi udara memainkan peran penting dalam mendekatkan masyarakat di dua benua (Asia dan Eropa). Selain itu Indonesia juga menekankan pentingnya konektivitas maritim untuk memastikan pergerakan barang di dua benua

Indonesia mengharapkan kedua benua terus bekerja sama dan mencari cara untuk menarik investasi dan mencari skema keuangan yang terdiversifikasi dalam mengembangkan industri transportasi dan infrastruktur.(hel/awe)