Angkasa Pura 2

Terminal dan Landasan Pacu Baru akan Dibangun di Bandara Batam

BandaraMinggu, 3 Mei 2015
Bandara-Hang-Nadim-baru-fY

BATAM (beritatrans.com) – Badan Pengusahaan (BP) Batam merencanakan pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan landasan pacu dan apron lebih luas untuk menampung pesawat Airbus A380-900 yang berkapasitas maksimal 1.000 penumpang.

“Nantinya landasan pacu akan lebih lebar dan apron lebih luas. sehingga mampu menampung A380. Landasan pacu yang ada saat ini juga sudah bisa didarati pesawat jenis itu, namun belum ideal,” kata Staf Direktorat Perencanaan Pembangunan Badan Pengusahaan (BP) Batam Benny Syahroni di Batam, Jumat (1/5).

Bandara Internasional Hang Nadim Batam, beritasatu.com memberitakan saat ini memiliki landasan pacu 4,025 kilometer dengan lebar 45 meter. Apron bandara tersebut juga dibangun cukup luas dan mampu menampung jenis Boeing 767.

Saat ini, luas Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencapai 165.000 meter persegi dan mampu menampung 18 pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767.

“Idealnya landasan pacu untuk A380 lebih lebar dan apronnya ditambah 40 meter lagi. Lebar landasan pacu minimal 60 meter. Jadi itu yang akan dibangun pada terminal dua,” kata dia.

Meski belum cukup ideal, namun beberapa pesawat A380 tujuan Singapura pernah dialihkan dan mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Berdasarkan data BP Batam terminal dua Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan dibangun pada sisi kiri terminal pertama dengan kapasitas delapan juta penumpang per tahun.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan BP Batam, Imam Bachroni mengatakan sebelum melakukan pembangunan terminal kedua, terlebih dulu akan melakukan peningkatan kapasitas terminal satu dari lima juta menjadi delapan juta per tahun serta perluasan apron.

“Nantinya tinggal diubah agar bisa lebih maksimal. Terminal ini memang dirancang mampu menampung delapan juta penumpang per tahun. Barulah akan dilakukan pembangunan terminal dua,” kata dia.

Berdasarkan data dari BP Batam, pada 2012 jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebanyak 3,8 juta orang/tahun dengan 84 penerbangan per harinya.

Pada 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan reguler per hari. Hingga akhir 2014 jumlah penumpang 4,8 juta dengan 116 penerbangan reguler per hari. (husf).

loading...