Angkasa Pura 2

Kemenhub Layani Sertifikat SUT dan SRUT Online Agustus 2015

KoridorSenin, 4 Mei 2015
IMG_20150504_152903

JAKARTA (beritatrans.com) -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyelenggarakan proses uji kelaikan baik SUT atau SRUT secara online mulai 1 Agustus 2015. Semua itu dimaksudkan untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha.

“Untuk mendapatkan sertifikat uji tipe (SUT) dan sertifikan registrasi uji tipe (SRUT) secara online. Prosesnya cepat dan bebas calo,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Djoko Sasono di Jakarta Senin (4/5/2015).

Dikatakan, sesuai UU LLAJ semua kendaraan yang akan dioperasikan di jalan untuk di Indonesia, harus memenuhi syarat laik jalan.

“Salah satu prasyarat laik jalan tersebut, maka harus lolos dan mendapatkan SUT dan SRUT. Kini proses pengurusan keduanya akan dilakukan secara online,” jelas Djoko.

SUT dikeluarkan Kemenhub sebagai regulator untuk tapi tipe atau varain kendaraan bermotor. Sedang SRUT dikeluarkan pada setiap individu kendaraan yang beroperasi di wilayah hukum Indonesia.

Menurut Djoko, jika persyaratan administrasi sudah lengkap maka proses pemberian SUT dan SRUT selesai dalam sehari.

“Ini perintah UU dan paling lambat 14 hari kerja harus sudah keluar,” papar Djoko didampingi Kapuskom Publik Kemenhub JA Barata dan Direktur LLAJ Eddi itu.

Yang menjadi masalah di lapangan, kata Eddi, tidak setiap APM (agen pemegang merk) langsung melengkapi seluruh syarat administrasi. Atau memang ada beberapa point pengujian yang memang tidak langsung lolos uji.

“Jika semua lolos uji dan semua syarat administrasi lengkap, semua bisa dilayani dengan cepat. Paling lambat 14 hari kerja sudah beres,” tandas Eddi.(helmi)

loading...