Angkasa Pura 2

Pesawat Latih Terbakar di Bandara Pondok Cabe, Pilot Luka Bakar

KokpitKamis, 7 Mei 2015
ilustrasi pesawat terbakar

TANGERANG (beritatrana.com) – Satu unit pesawat latih jenis swayasa single seater milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) terbakar di Bandara Pondok Cabe, Jakarta, Kamis, 7 Mei 2015.

Pesawat itu sedianya akan digunakan untuk latihan menghadapi SEA Games Singapura. Pilot pesawat, Sugeng, selamat dalam musibah itu meski menderita luka bakar.

Kejadian pesawat terbang jatuh di lapangan udara Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan pertama kali dilaporkan ke pihak kepolisian sekitar pukul 13.00 WIB.

“Kita sudah dapat kabar, anggota sudah meluncur kesana tapi belum ada laporan lagi. Kejadian jam 13.00 WIB,” ujar Petugas SPK Polsek Metro Pamulang Aiptu Saryoto saat dikonfirmai Tribunnews.com, Kamis(7/5/2015).

Juru bicara Kementerian Perhubungan, J.A. Barata, mengatakan pesawat yang terbakar itu bernomor registrasi PKS–317. Insiden terjadi pada pukul 11.50. Rencananya, pesawat itu bakal digunakan untuk aksi cross country dari Palembang.

“Kondisi pesawat terbakar habis di landasan pacu B, depan hanggar bandara,” kata Barata lewat pesan pendek kepada Tempo.

Menurut Barata, awalnya pesawat terbang dari arah hanggar milik FASI dalam keadaan oleng dan berusaha mendarat. Nahas, badan pesawat langsung bergesekan dengan aspal landasan dan terbalik.

Seketika itu juga, pesawat terbakar dengan asap hitam membubung. “Badan pesawat terbakar habis dan menyisakan rangka mesin saja,” Barata menambahkan.

Kebakaran itu membuat tubuh pilot juga terbakar. Pilot menderita luka bakar sekitar 70 persen. Sugeng kini juga sudah ditangani tim dokter di Rumah Sakit Bhakti Husada, Ciputat. (fani).

loading...

Komentar ditutup.