Angkasa Pura 2

Silvia Megawati: Dara Cantik Yang Siap Bangun Transportasi di Kota Metro Lampung

Figur SDMKamis, 7 Mei 2015
Silvia megawati_edit

BEKASI (beritatrans.com) – Dara cantik kelahiran Kediri 1992 sejak kecil bercita-cita menjadi abdi negara. Ia pun terus belajar dan belajar guna mengejar cita-cita dan prestasi yang terbaik.

Setelah menamatkan pendidikan dari SD-iSMA di kota kelahirannya, Silvia Megawati. Kemudian melanjutkan pendidikan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi.

Silvia Megawati adalah taruni tingkat IV STTD yang berhasil lolos tes kompetensi dasar (TKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Perhubungan hasil seleksi STTD bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun 2015.

Silvia, begitu biasa disapa, berhasil meraih nilai urutan kedua dari 118 peserta yang lolos TKD. Nilai yang dikumpulkan mencapai angka 400 dari tiga materi tes yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan tes kharakter pribadi (TKP).

“Keberhasilan ini berkat kerja keras dosen, pembimbing serta nara sumber dalam pembelaan TKD di Kampus STTD pekan lalu,” cetus Silvi membuka pecakapan dengan beritatrans.com di Kampus STTD Bekasi, Rabu (6/5/2015) petang.

Dikatakan, semua materi tes TKD sama beratnya. Tapi harus diakui. TWK mempunyai bobot berbeda. “Selain harus hafal pasal-pasal UUD 1945 dan butir-butir Pancasila, juga harus bisa memahami dalam penerapannya di lapangan. Banyak pertanyaan menjebak dan harus dipahami secara hati-hati,” jelas Silvia.

Pertanyaan dalam TKD kemarin bukan hanya hafalan atau pemahaman tekstual saja. Tapi, kita harus memahami dan bisa mengaplikasikannya dengan baik.

“Banyak pertanyaan di TKD adalah ilmu terapan, termasuk matematika dan logika dasar. Jadi bukan hanya tahu teori, tapi juga bisa mengaplikasikannya,” kata Silvia.

Oleh karena itu, saran putri pasangan Dwi Prasada Setyanto dan Siti Sofia, semua bahan harus dipelajari dan dikembangkan secara baik.

“Belajar yang baik termasuk buku-buku panduan tes CPNS. Selain itu, jika ada pembekalan TKD harus dimanfaatkan dengan benar. Selanjutkan dilakukan pengayaan termasuk diskusi dengan teman dan mentor lainnya,” papar Silvia.

IMG_20150506_165901

Bangun Transportasi Kota Metro

Kini, dara cantik alumni SMA 8 Kendiri Jawa Timur itu harus siap memasuki dunia kerja. “Hasil TKD kemarin saya lolos diterima di Dishub Kota Metro Lampung. Sambil menyelesaikan program pendidikan di STTD dan proses administrasi di Menpan, setelah wisuda kita harus siap dan masuk ke tempat kerja di Dishub Metro,” papar Silvia.

Banyak tugas dan tantangan di Dishub Metro nantinya. Yang pasti, transportasi darat di Metro dan Lampung tengah berkembang. Saat ini, moda transportasi darat sudah berkembang bahkan menuju ke arah macet.

“Sebentar lagi, mulai dibangun Jalan Tol Trans Sumatera mulai dari Bakauheni. Semua itu akan berimplikasi pada pengembangan sistem dan operasional transportasi di Metro dan Lampng,” terang Silvi.

Pemerintahan Jokowi-JK akan mengembangkan jaringan KA di Sumatera. “Kalau dulu di Lampung hanya ada satu jalur KA dengan komoditas utama angkutan barang khususnya batubara dan hanya sedikit penumpang. Ke depan akan berkembang lagi dan semua harus bisa diantisipasi dengan baik,” urai Silvia.

Dengan pengetahuan dan pengalaman selama belajar di STTD Bekasi, Silvi mengaku optimis mampu menjalankan tugas di lapangan. “Jika kita mau, apapun tugasnya bisa kita lakukan,” tukas dia.

“Kita harus siap dan senantiasa belajar dan meningkatkan kemampuan diri. Kita juga harus bisa mengambangkan dan menyinergikan berbagai kekuatan dan tantangan yang muncul di lapangan,” tegas Silvia.(helmi)