Angkasa Pura 2

Ada 12 Kejadian Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat Selama 4 Bulan Terakhir

KokpitSelasa, 12 Mei 2015
VID: Patient Keen To get Home Deploys Emergency Chute

BEIJING (beritatrans.com) – Sejauh ini masih menjadi misteri penerbangan yang sulit untuk dijelaskan terjadi di China. Dalam kurun waktu 4 bulan, tercatat ada 12 penumpang pesawat di China yang coba membuka pintu darurat tanpa izin, saat pesawat tengah meluncur atau berada di landasan.

Menurut laporan yang dilansir news.com.au, Pejabat Administrasi Penerbangan Sipil China mengatakan bahwa tak ada kejelasan mengapa orang-orang mencoba membuka pintu darurat tanpa izin. Perilaku aneh itu marak terjadi hampir diseluruh bandara di Cina pada tahun ini.

Seorang pria di Cina pun sempat diadili lantaran kasus serupa. Ia mencoba untuk membuka pintu darurat saat pesawat tengah meluncur, tanpa alasan yang jelas. Pria yang diidentifikasi bernama Piao itu, diadili Senin (11/5/2015) di kota Yanji, dengan tuduhan membahayakan keselamatan publik.

Juru bicara Administrasi menambahkan bahwa Piao membuka pintu darurat ketika pesawat Asiana Airlines meluncur pada 12 Februari lalu. Tindakan itu mengakibatkan aktifnya perosotan karet dan para awak pesawat pun mengambil langkah darurat untuk menghentikan pesawat.

Ulah Piao juga menyebabkan jam penerbangan tertunda selama empat jam dan banyak gangguan operasional bandara lainnya.

“Tindakan itu telah merugikan keselamatan, mengganggu operasi penerbangan dan menyebabkan dampak sosial yang buruk,” ucapnya.

Juru bicara bandara juga menambahkan bahwa penerbangan Cina merupakan salah satu yang tersibuk di dunia, meski begitu banyak dari para penumpang yang terbang untuk pertama kalinya dan kurangnya pengetahuan dasar keselamatan penerbangan.
Misteri Penerbangan, 12 Penumpang Cina Coba Buka Pintu Darurat Pesawat Tanpa Izin

KARENA KESAL
Pekan lalu, badan pariwisata publik dipermalukan oleh ulah seorang warga Beijing, bernama Zhou Yue. Kesal dengan keterlambatan penerbangan, Zhou secara paksa membuka dua pintu darurat pada penerbangan domestik pada bulan Januari lalu, sehingga ia harus ditahan selama 15 hari.

Pada tahun lalu, kasus yang serupa juga dialami maskapai penerbangan Xiamen Airlines dari kota Hangzhou menuju Chengdu yang dikagetkan dengan ulah seorang pria yang mencoba membuka pintu darurat pesawat, dengan alasan ingin mendapatkan udara segar. Insiden itu terjadi saat pesawat masih berada di landasan. (ani)?

loading...