Angkasa Pura 2

Bagus Sih Pelabuhan Cirebon Dibangun, Tapi Nggak Bisa Gantikan Cilamaya

DermagaSelasa, 12 Mei 2015
tmp_8488-2015-04-23 07.29.07-460478446

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub) Bobby R Mamahit mengapresiasi rencana PT Pelindo II yang akan mengembangkan Pelabuhan Cirebon dengan perkiraan investasi hingga Rp 2 triliun.

Namun demikian, dia menegaskan eksistensi Pelabuhan Cirebon tidak langsung bisa menggantikan peran pelabuhan Cilamaya.

“Pertumbuhan industri sangat tinggi di kawasan Cikarang dan Karawang. Tentunya, kami masih akan upayakan agar lokasi pelabuhan tidak bergeser jauh dari wilayah demand industri. Kalau sampai Cirebon, sudah terlampau jauh,” kata Bobby, kemarin.

Menurut Bobby, instansinya memang tengah melakukan feasibility study atas lokasi pengganti Cilamaya yang dipastikan akan bergeser ke arah timur dari sebelumnya. Terdapat empat sampai enam lokasi yang akan menjadi fokus studi ulang, dengan biaya FS yang dianggarkan sekitar Rp 25 miliar.

“Kami targetkan akan lebih cepat selesai, tidak sampai dua tahun. Semoga tiga hingga empat bulan ke depan tuntas, karena ini juga sudah diinstruksikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, bahwa Cilamaya tetap harus jalan,” katanya seperti dikutip beritasatu.

Walaupun harus memulai studi baru, Kemhub berjanji akan mengusahakan pembangunan pelabuhan mulai pada tahun 2017 atau paling lama tahun 2018.

Bobby berharap, seluruh pihak melihat kebutuhan pembangunan pelabuhan Cilamaya ini sebagai bagian dari pengembangan pelabuhan Tanjung Priok, bukan pesaingnya. (aliy/hel).

loading...