Angkasa Pura 2

Tahu Ada Bocah Autis, Pilot Putuskan Mendarat Darurat, Orang Tua & Anaknya Diusir Dari Pesawat

KokpitSelasa, 12 Mei 2015
tmp_8488-5963820-3x2-940x627-563912649

UTAH (beritatrans.com) – ┬áDonna Beegle bersama suaminya sedang melakukan perjalanan dengan putrinya yang mengidap autisme, Juliette Forbes, dari Houston, Amerika Serikat, ke Portland.

Namun, keluarga ini tidak menginjakkan kaki di Portland lantaran mereka diminta turun dari pesawat United Airlines setelah pendaratan darurat di Salt Lake City.

Seperti dilansir The Independent, Minggu (10/5), mereka terpaksa diusir lantaran Juliette membuat pilot merasa tak nyaman.

Di awal perjalanan, Juliette sebenarnya cukup tenang. Namun, Donna sudah mulai waswas lantaran Juliette belum makan. Ia pun bertanya kepada awak kabin apakah ada makanan panas yang dapat dibeli.

Sayangnya, makanan hangat hanya tersedia bagi penumpang kelas satu. Pramugari tidak dapat membuat pengecualian, bahkan walaupun Donna berniat membelinya.

Saat itulah Donna menjelaskan bahwa jika putrinya tidak mendapatkan makanan hangat, ia dapat mencapai titik amarahnya dan bisa saja mencakar seseorang. Juliette akhirnya menyantap makan malamnya dan tetap tenang.

Sekitar satu setengah jam kemudian, Donna sedang menonton televisi ketika tiba-tiba pilot mengumumkan pendaratan darurat di Salt Lake City, Utah, karena ada penumpang dengan masalah emosi di dalam pesawat.

Polisi dan petugas medis langsung menyeruak masuk ketika pesawat mendarat. Mereka menginformasikan kepada keluarga Forbes bahwa mereka harus keluar dari pesawat karena pilot tidak nyaman dengan keberadaan Juliet.

Donna akhirnya berdiri dan bertanya kepada penumpang di sekitarnya jika ada yang terganggu dengan kehadiran Juliette. “Mereka berkata, ‘Tidak. Jangan ganggu dia,’” tutur Donna.

LAYANGKAN TUNTUTAN
Merasa kejadian tersebut dapat menyebarkan ketakutan terhadap autisme, Donna melayangkan surat tuntutan kepada pihak maskapai.

Dengan tuntutan tersebut, Donna berharap dapat meningkatkan kepedulian terhadap pengidap autisme dan karyawan penerbangan dapat dilatih dengan baik.

Dalam pernyataannya, United Airlines mengatakan, “Setelah mengakomodasi Beegle dan putrinya selama penerbangan, kru membuat keputusan terbaik untuk keselamatan dan kenyamanan semua pelanggan.” (anky).