Angkasa Pura 2

Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar Gunakan Garbarata dan Sistem Check In

DermagaRabu, 13 Mei 2015
Garbarata pelabuhan

MAKASAR (beritatrans.com) – Menghadapi angkutan lebaran 2015, PT Pelindo IV Makassar melakukan peresmian atau “soft launching” fasilitas terminal penumpang.

“Dalam menghadapi arus penumpang yang cukup tinggi menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri, maka PT Pelindo IV membenahi sejumlah fasilitas terminal,” kata Dirut PT Pelindo IV Makassar Mulyono di sela-sela peresmian terminal Pelabuhan di Makassar, Rabu (13/5/2015).

Peresmian terminal penumpang di Pelabuhan Makassar untuk kapasitas 3.000 orang itu, pendanaannya bersumber dari internal PT Pelindo IV senilai Rp8 miliar.

Menurut Mulyono, untuk meningkatkan kualitas layanan kepada penumpang, sejumlah fasilitas pelabuhan dibenahi diantaranya perbaikan fasilitas ruang tunggu di terminal penumpang dan pengadaan garbarata.

“Dengan adanya garbarata itu, penumpang kapal dapat langsung ke ruang tunggu, begitu pula sebaliknya, tanpa menggunakan lagi tangga seperti sebelumnya,” katanya seperti dikutip Antara.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo IV Makassar Riman S Duyo mengatakan, perampungan keseluruhan fasilitas terminal diharapkan pada Agustus 2015.

Dia mengatakan, selain pembenahan fasilitas pelabuhan, juga dilakukan pembenahan dari sistem layanan.

“Sistem pelayanan yang digunakan yakni sistem semi ‘check in’. Dalam hal ini, penumpang harus melakukan ‘check in’ sebelum pemberangkatan, untuk selanjutnya mendapatkan ‘boarding pass’ dari petugas,” katanya.

Hanya yang memiliki ‘boarding pass’ saja yang dapat memasuki ruang tunggu, kemudian diberangkatkan sesuai dengan kapal tumpangannya. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari