Angkasa Pura 2

5 Armada Perang Iran Hujani Tembakan Peringatan Ke Kapal Tanker Singapura

DermagaJumat, 15 Mei 2015
tmp_4666-M-Star-tanker-Gul-explosi-006-1232060801

SINGAPURA (beritatrans.com) Lima kapal Iran dilaporkan mengeluarkan tembakan peringatan, terhadap sebuah kapal berbendera Singapura di Teluk Persia, yang oleh pejabat Amerika Serikat (AS) diklaim sebagai perairan internasional.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat, 15 Mei 2015, kapten kapal tanker Alpine Eternity yang bermuatan minyak dan kimia, telah memberikan konfirmasi dan mengatakan tidak ada korban dalam insiden.

Kapten kapal mengatakan tanker awalnya didekati oleh dua perahu bersenjata, disusul tiga perahu lain yang kemudian mengeluarkan tembakan peringatan, memerintahkan tanker untuk berhenti.

Kapten kapal menolak perintah itu, yang kemudian kembali diperintah untuk mengarahkan kapal ke pelabuhan Abu Musa, Iran. Namun dia kembali menolak perintah, lalu mengarahkan kapalnya ke perairan Dubai.

Dia mengklaim berada di wilayah perairan internasional saat insiden, karena ketika itu kapal berlayar pada 15 mil dari lepas pantai Iran, atau masih tiga mil di luar wilayah perairan Iran.

Pentagon mengatakan masih menyelidiki laporan insiden. Namun Reuters dalam laporannya, menyebut Iran berusaha mencegat kapal itu, karena bertanggungjawab atas rusaknya fasilitas minyak Iran pada 22 Maret lalu.

loading...