Angkasa Pura 2

Angkut 600 Sapi, Puluhan ABK & Penumpang, Kapal Dari Kupang Terbakar

DermagaJumat, 15 Mei 2015
tmp_4666-kapal-terbakar_muara-baru-1966951726

KUPANG (beritatrans.com) – Kapal motor Asia Raya dengan muatan 600 ekor sapi hangus terbakar saat bertolak dari Pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Samarinda, Kalimantan Timur.

Selain ratusan ternak, kapal itu juga mengangkut 14 anak buah kapal (ABK) dan 24 pengurus hewan selama dalam pelayaran (kleder).

Kepala Bidang Humas Polda NTT AKBP Agus Santosa mengatakan, kebakaran kapal terjadi dini hari tadi sekitar pukul 02.00 Wita. Kapal itu terbakar di perairan dekat Pulau Semau Kupang.

“Dari 24 ABK ada seorang yang masih dalam pencarian karena hilang saat kapal terbakar,” ujarnya, Jumat, (15/05/2015).

Agus menjelaskan, awal mula kejadian kapal terbakar diduga karena ada kebocoran. Kemudian alat komunikasi tidak aktif sehingga nahkoda memerintahkan untuk meminta bantuan dengan menembakkan pijaran api sebagai kode save our ship (SOS). Namun, api tersebut jatuh kembali ke atas kapal sehingga terjadi kebakaran.

“Kebakaran baru dapat dipadamkan pukul 04.00 Wita oleh Tim SAR, Polisi Air dan Kapal TNI AL,” ucap Agus. Ia menambahkan, hingga saat ini anggotanya sedang menginventarisir total kerugian dalam peristiwa itu. (okz)