Angkasa Pura 2

Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Luncurkan Flight Approval Online

Bandara KokpitRabu, 20 Mei 2015
barata

JAKARTA (beritatrans.com) -Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan aplikasi Flight Approval online untuk membantu maskapai mempercepat proses perizinan Flight Approval. Melalui layanan ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan yang cepat, murah dan aman.

“Dirjen Perhubungan Udara juga mereformasi lembaga pengatur slot time penerbangan (IDSC) menjadi IASM (Indonesia Airport Slot time Management),” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik (Puskom) Kemnhub JA Barata dalam suaran pers kepada beritatrans.com di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Dalam mengelola slot time, lanjut dia, IASM melakukan perubahan yang sangat mendasar yaitu pada pengaturan slot time yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini diubah menggunakan sistemweb based terintegrasi dan berstandar internasional.

“Perubahan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12 Tahun 2015 tentang Perizinan Angkutan Udara Online dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan alokasi ketersediaan waktu terbang (slot time) bandar udara, untuk menjamin keselamatan penerbangan,” jelas Barata.

“Dalam mengelolaslot time, IASM beranggotakan tiga perusahaan milik negara, yaitu Perum LPPNPI, AngkasaPura I , dan AngkasaPura 2.Dibawah pengawasan langsung DitjenPerhubunganUdara,” papar Barata.

Menurutnya, slot time management ini menggunakan aplikasi yang telah digunakan oleh 350 bandar udaravInternasional di 34 negara. Dengan aplikasi ini IASM akan mengatur slot time yang terintegrasi dengan AVIATIONET sehingga pengawasan oleh Ditjen Perhubungan Udara lebih mudah dan akurat.

Aviationet adalah sistem berbasis SOA (Service Oriented Architecture) yang terintegrasi dengan SOA Kementerian Perhubungan, yang dinamakan HUBNET. “Sedang HUBNET adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari blueprint National Single Windows (NSW). Melalui Aviationet mengintegrasikan semua pelayanan online di lingkungan Ditjen Perhubungan Udara, seperti slot time, izin usaha angkutan udara, izin rute penerbangan dan flight approval,” tegas Barata.(helmi)