Angkasa Pura 2

Pelindo II Akan Operasikan 3 Kapal Roro Untuk Angkut Truk Di Lintas Pelabuhan Tanjung Priok – Panjang

DermagaKamis, 21 Mei 2015
tmp_28426-IMG_20150521_12352860007957

JAKARTA (beritatrans.com) – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pwlindo) II menggandeng maskapai pelayaran untuk mengoperasikan 3 kapal jenis roll on roll off (Roro) di lintas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta – Pelabuhan Panjang, Lampung.

Demikian diungkapkan Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino seusai menemani Presiden Bank Dunia mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa dan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (21/5/2015).

“Kami masih terus membahas tentang banyak hal, termasuk investasi dan tarif, dengan satu perusahaan pelayaran dalam pengoperasian tiga kapal yang merupakan bagian dari skema short shipping itu. Saya harapkan akhir tahun ini bisa dioperasikan,” ujarnya.

Lino mengemukakan kapal Roro itu berbobot besar dengan kemampuan melaju 25 -30 knot. Fasilitas di dalamnya akan memanjakan awak truk. “Daya angkut truknya kira – kira kalau truk itu dibariskan sekitar 4 kilometer,” ungkapnya.

Operasional kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, dia menjelaskan di dermaga Car Terminal di sebelah Bogasari. “Dermaga dan berbagai fasilitasnya sudah dibangun. Terpisah. Jadi tidak bercampur dengan kapal pengangkut kontainer dan penumpang, serta arus truk kontainer,” tuturnya.

Dengan pengoperasian short shipping di rute Tanjung Priok – Panjang tersebut, RJ Lino mengutarakan akan mengurangi beban jalan raya dan Pelabuhan Merak – Bakauheni. “Selain itu, pengoperasiannya akan memperpendek waktu tempuh arus logistik,” tegasnya. (awe).

loading...
  • urip bantala

    Lino org plg pinter nggoblokin org lain n asal njeplak kl ngomong..hebat amat kpl roro kecepatan 25 knot full loaded.. alumni AIP pasti bengong ada kpl roro bs speed segitu..guuooblook..