Angkasa Pura 2

Izin CAAC Turun, Garuda Segera Terbang Guangzhou-Denpasar

KokpitJumat, 22 Mei 2015
Maskapai-Garuda-Indonesia

BEIJING (beritatrans.com) -Maskapai nasional Garuda Indonesia akan membuka penerbangan langsung Guangzhou-Denpasar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia.

Manajer Umum Garuda Indonesia Guangzhou Dharmawan J Hendrata kepada Antara di Beijing, Jumat (22/5/2015), mengatakan operasional untuk jalur penerbangan tersebut telah mendapat persetujuan pihak Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (Civil Aviation Administration of China/CAAC).

“Izin dari CAAC telah turun Kamis (21/5) dan akan diproses lebih lanjut kepada Kementerian Perhubungan RI,” ungkap dia.

Dharmawan mengatakan bahwa pihaknya berencana jalur penerbangan nonstop Guangzhou-Denpasar itu bisa operasional mulai 8 Juli 2015 bersamaan dengan liburan musim panas.

Ia menambahkan pembukaan jalur penerbangan langsung ke Bali dari Guangzhou didasarkan pada tingginya minat masyarakat Tiongkok untuk berwisata ke Bali.

Terkait performa Garuda Indonesia Guanzhou, Dharmawan mengatakan pada kuartal pertama 2015 tingkat isian mencapai 82 persen atau naik dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang rata-rata mencapai 70 persen.

Sebelumnya, Garuda Indonesia pada 13 Januari 2015 telah membuka penerbangan nonstop dari Beijing menuju Denpasar. Dengan begitu, untuk saat ini Garuda Indonesia telah menerbangi empat rute reguler yakni Beijing-Jakarta, Shanghai-Jakarta, Guanzghou-Jakarta, dan Beijing-Denpasar.

Data Kementerian Pariwisata RI menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada 2014 tercatat 9,4 juta, dan diharapkan meningkat menjadi 12 juta pada 2015.

Dari jumlah tersebut, pelancong asal Tiongkok masih berada pada urutan keempat dengan jumlah turis yang datang ke Indonesia sekitar satu juta orang pada 2014.

Indonesia menargetkan jumlah kunjungan turis Tiongkok sebanyak sepuluh juta dalam lima tahun kedepan.(hel/awe)