Angkasa Pura 2

PM Shinzo Abe: Jepang Berminat Bangun Pelabuhan & Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Dermaga EmplasemenSaturday, 23 May 2015

TOKYO (beritatrans.com) – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan negaranya terus berminat Jepang terus bekerjasama untuk turut serta membangun Indonesia.

“Kami berminat untuk membangun pelabuhan di wilayah metropolitan Jakarta dan juga kereta cepat Jakarta-Bandung,” kata Abe dalam pertemuan dengan Wapres Jusuf Kalla di Tokyo, kemarin.

Dilansir dari laman sekretariat kantor Wakil Presiden, Abe menyebut Indonesia merupakan negara yang besar dan penting bagi Jepang. Oleh karena itu sang Perdana Menteri berjanji akan menggerakkan pelaku industri di negaranya untuk terus meningkatkan kerjasama dengan Indonesia.

“Saya sangat menghargai peran Bapak Wakil Presiden dalam meningkatkan hubungan kedua negara, Indonesia merupakan negara besar dan penting bagi Jepang,” kata Abe.

Selain itu, Abe berharap Indonesia dapat terus berperan dalam menjaga keamanan di kawasan Asia Tenggara.

CILAMAYA
Kepada Shinzo Abe, Waprws JK memberitahukan bahwa rencana pembangunan Cilamaya telah mengalami perubahan. Perubahan itu yakni dengan menggeser pembangunan pelabuhan yang menjadi sasaran para investor Jepang tersebut sekitar 20 kilometer ke arah Timur, karena mempertimbangkan faktor keamanan kapal-kapal di laut.

JK menjelaskan kepada Abe, Indonesia terus bekerja untuk membangun infrastruktur, termasuk kereta cepat Jakarta–Bandung. “Kami juga akan membangun kereta cepat Jakarta–Surabaya. Tentunya kami akan menawarkan juga kepada pihak Jepang,” ujar JK.